BMW Perkenalkan Generasi Terbaru X3, Dijual di Akhir 2024

JAKARTA - BMW secara resmi meluncurkan X3 generasi terbaru yang membawa beberapa perubahan revolusioner mulai dari desain eksterior lebih modern, kenyamanan interior kelas atas, hingga usung teknologi terdepan.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 19 Juni, X3 terbaru memiliki sejumlah perubahan kecil dari segi dimensi, namun BMW tetap menggunakan proporsi mesin di bagian depan dengan penggerak belakang seperti sebelumnya.

Perubahan signifikan terletak pada desain eksterior, mencakup grill ginjal yang besar dan dapat menyala pada varian M50 xDrive. Namun yang membedakannya dengan model lain ialah pola grill terbaru yang radikal dengan palang vertikal berkombinasi dengan diagonal.

BMW X3 M50 xDrive

Tidak hanya perubahan gaya, pabrikan dari Jerman ini juga meningkatkan kestabilan berkendara pada SUV ini. BMW mengklaim, X3 terbaru mampu mengatasi tikungan lebih baik dengan ketinggian pengendaraan yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, generasi keempat X3 ini juga memiliki struktur bodi lebih kaku dan berbagai penyesuaian geometri yang diklaim mampu meningkatkan presisi dan stabilitas kemudi.

Untuk bagian interior, model ini memiliki tampilan dasbor melengkung khas BMW dengan gabungan layar infotainmen dan kluster instrumen. Sistem pengoperasiannya didukung dengan Operating System 9 yang dikembangkan sendiri memungkinkan pengguna dapat melakukan pembaruan melalui over-the-air.

Ada banyak hal yang bisa ditawarkan pada interiornya, yaitu pemilik kendaraan dapat mengakses aplikasi streaming music dan video, berita, augmented reality, bermain game, dan mengubah ponsel menjadi pengontrol di kabin.

Untuk performanya, BMW X3 terbaru dibekali dengan mesin 2,0 liter 4-silinder bensin digabungkan dengan mild-hybrid 48V pada varian 20 xDrive, yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 208 dk sehingga dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,8 detik.

Bagi pecinta mesin diesel, pabrikan juga menghadirkannya dengan opsi mesin 4-silinder 2,0 liter diesel pada tiper 20d xDrive sehingga dapat mengeluarkan tenaga 197 dk dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,7 detik.

Pada varian M50 xDrive sebagai yang tertinggi, BMW memberinya mesin 6-silinder segaris M TwinPower Turbo digabungkan dengan mild-hybrid 48V yang menghasilkan tenaga puncak 398 dk. Dengan demikian, mobil ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,6 detik.

Semua varian ditawarkan dengan transmisi delapan percepatan Steptronic, termasuk paddle shift di belakang setir kemudi sebagai standar. Ada juga fitur Sport Boost pada M50 xDrive dalam peningkatan kecepatan yang luar biasa.

Semua varian juga ditawarkan dalam penggerak semua roda dari sistem xDrive yang memberikan distribusi tenaga yang maksimal.

BMW X3 terbaru akan dirakit di dua pabrik, yakni Plant Spartanburg di AS dan Rosslyn di Afrika Selatan. Mobil tersebut terlebih dahulu akan tiba di pasar Eropa dan AS di kuartal keempat tahun ini dan akan diteruskan di wilayah lain mulai awal 2025.