Bagikan:

JAKARTA - BMW dikabarkan sedang mengembangkan pembaruan salah satu model SUV, X3. Ini dibuktikan dari tangkapan kamera mata-mata yang memperlihatkan mobil ini tengah diuji coba dibaluti stiker kamuflase.

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 16 April, X3 terbaru tersebut akan mengusung platform CLAR lama. Meskipun demikian, pabrikan dari Jerman ini menghadirkan sejumlah ubahan seperti hidung berbentuk lebih persegi serta pegangan pintu ramping.

Bagian belakang BMW X3 terbaru (foto: dok. carcoops)

Selain itu, dilaporkan mobil ini akan memiliki wheelbase 2.865 mm atau lebih panjang 1 mm dibandingkan sebelumnya. Mobil ini terlihat mempertahankan jendela belakang tegak bersamaa dengan konfigurasi grill depan lebih konvensional.

Sementara itu, bagian interiornya dilengkapi dengan sistem OS9 iDrive terbaru dengan layar infotainmen lebih lebar dan melengkung. Kemudian, pemindah giginya tradisional diganti dengan tombol sakelar.

Meskipun bagian konsol tengah mendapatkan sejumlah ubahan, pemutar iDrive lama tetap dihadirkan pada X3 terbaru. Mobil ini juga mempertahankan konfigurasi lima tempat duduk dan mendapat bagasi lebih lebar 20 liter dibandingkan sebelumnya.

Pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman ini juga membawa ubahan pada model ini dari sisi mesin dengan lencana M50 XDrive yang dapat menghasiljan tenaga sekitar 396 dk. Dilaporkan juga untuk pasar Inggris akan mendapatkan versi bensin dan diesel 2,0 liter 4-silinder, yang keduanya mengusung teknologi mild-hybrid berpenggerak semua roda atau xDrive30e berpenggerak Plug0In Hybrid (PHEV).

Interior dari BMW X3 terbaru (foto: Carscoops)

Untuk versi PHEV, X3 terbaru akan mendapatkan mesin 4-silinder segaris yang menghasilkan tenaga lebih dari 288 dk digabungkan dengan motor listrik bertenaga besar. Diharapkan mobil tersebut dapat menempuh jarak hingga 60 km dalam mode berkendara listrik murni.

Pada November tahun lalu, BMW juga menguji coba versi listrik murni dari X3, yakni iX3 yang menggunakan basis dari konsep Neue Klasse. Diperkirakan iX3 menjadi model pertama yang mengadopsi platform tersebut ke versi produksi.

Kemungkinan iX3 akan dimulai masa produksinya pada tahun 2025 mendatang di pabrik Debrecen, Hungaria dan merilisnya ke pasar pada tahun 2026.