Begini Tips Ahli Agar Terhindar dari Skema Phishing yang Menggunakan Gmail

JAKARTA - Perusahaan keamanan siber Kaspersky baru saja menemukan skema penipuan siber terbaru yang menargetkan bisnis perhotelan dengan kedok komplain konsumen melalui email.

Dalam skema ini, penyerang akan menggunakan layanan email gratis seperti Gmail, yang biasa digunakan oleh tamu. Dengan demikian, sulit membedakan antara pesan sah dan pesan yang berisi malware.

Kaspersky pun menyarankan bisnis untuk menerapkan sistem pemfilteran email yang kuat dan menetapkan protokol untuk memverifikasi keaslian permintaan mendesak sebelum merespons.

Namun lebih dari itu, untuk menjaga data Anda terlindungi dari serangan dan kebocoran phishing, para ahli Kaspersky merekomendasikan:

  • Berikan staf pelatihan dasar kebersihan keamanan siber. Lakukan simulasi serangan phishing untuk memastikan karyawan mengetahui cara membedakan email phishing.
  • Gunakan solusi perlindungan untuk server email dengan kemampuan anti-phishing, untuk mengurangi kemungkinan infeksi melalui email phishing
  • Gunakan solusi perlindungan untuk titik akhir dan server email dengan kemampuan anti-phishing untuk mengurangi kemungkinan infeksi melalui email phishing.

Gunakan solusi yang ringan dan mudah dikelola namun tetap efektif untuk membantu mencegah komputer Anda terkunci karena email phishing atau lampiran berbahaya.