Fitur Baru iOS 18 Apple Dituduh 'Surga Penipu' oleh Sebagian Pengguna

JAKARTA - Apple telah mengungkap fitur baru iOS 18 yang telah memicu kontroversi di antara pengguna. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa ini adalah 'surga penipu.'

Pembaruan baru ini akan memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan atau mengunci aplikasi di layar utama iPhone mereka, menjaga hobi pribadi dan informasi mereka dari mata yang mengintai.

Meskipun Apple mempromosikannya sebagai cara untuk menjaga privasi aplikasi perbankan dan mencegah anak-anak membeli barang di Amazon, banyak orang melihat fitur ini sebagai membantu pasangan untuk menipu dengan mudah.

Media sosial gempar dengan posting tentang aplikasi baru ini, beberapa menyebutnya 'sakit' sementara yang lain memuji fitur baru ini karena memungkinkan mereka untuk menyembunyikan aplikasi kencan dari pasangan mereka.

Pengguna segera mendekat ke Elon Musk setelah fitur ini diumumkan, di mana beberapa mengatakan bahwa mereka telah menunggu bertahun-tahun untuk fungsi tersebut.  Apple sebelumnya mengatakan bahwa Mengunci aplikasi adalah permintaan yang sudah lama. Namun banyak orang menganggapnya sebagai cara bagi penipu untuk tetap tidak terdeteksi.

Fitur ini muncul saat 40 persen dari orang Amerika melaporkan telah menggunakan aplikasi kencan ketika mereka berada dalam hubungan serius.

Sementara Mengunci dan Menyembunyikan aplikasi menerima ulasan yang beragam, banyak fitur baru lainnya dalam iOS 18 yang akan datang merupakan favorit bagi penggemar.

Apple mengumumkan yang disebut sebagai Apple Intelligence, sistem kecerdasan buatan baru yang berjalan di seluruh platform dan perangkatnya yang dapat memecahkan masalah pengguna dan merespons permintaan serta mampu membuat teks dan gambar baru.

Sistem ini akan dapat mengambil informasi dari berbagai aplikasi seperti Maps, Mail, dan Messages untuk membantu dalam penjadwalan dan perencanaan, menawarkan penulisan ulang, ringkasan, dan menyunting teks, serta membuat gambar baru berdasarkan permintaan atau ide dari pengguna - yang sudah umum dalam alat kecerdasan buatan generatif yang tersedia di tempat lain.

Dalam upaya untuk menonjol dari pesaingnya, Apple telah memperkenalkan Apple Intelligence sebagai lebih 'pribadi', serta mengatakan bahwa itu lebih 'berakar pada hal-hal yang membuat  pengguna menyelesaikan tugas 'dengan cara yang sesuai untuk mereka', dan berbicara tentang kemampuan sistem untuk memahami 'konteks pribadi' pengguna untuk memberikan solusi yang paling membantu kepada mereka.