X Buat Fitur Like Lebih Privasi, Pengguna Khawatir Jadi Ladang Penipuan

JAKARTA - Untuk menjaga privasi penggunanya, baru-baru ini platform X, mengumumkan bahwa konten atau postingan yang kita sukai (Like) tidak akan lagi bersifat publik. 

“Minggu ini kami menjadikan Like bersifat pribadi bagi semua orang untuk melindungi privasi Anda dengan lebih baik,” tulis perusahaan dalam postingannya di akun X @XEng pada Rabu, 12 Juni. 

Perusahaan milik Elon Musk itu awalnya meluncurkan kemampuan untuk menyembunyikan tab Like untuk pelanggan X Premium saja, tapi kini mereka meluncurkan untuk semua orang. 

Dengan perubahan ini, pengguna tidak akan dapat lagi melihat siapa yang menyukai postingan orang lain. Namun, mereka masih dapat melihat siapa yang menyukai tweet mereka, bersama dengan jumlah suka dan metrik lainnya untuk postingan mereka sendiri.

Kemampuan baru ini tampaknya mirip dengan fungsi Bookmark. Di mana orang lain tidak akan dapat melihat siapa saja yang menyimpan postingan tertentu. 

Keputusan X untuk membuat Like menjadi privasi juga tampaknya menghilangkan salah satu alasan pengguna untuk berlangganan premium. 

Beberapa akun menentang pembaruan ini. Mereka berpikir bahwa menyembunyikan akun yang menyukai suatu postingan bisa digunakan untuk melakukan penipuan. 

“Ah, jadi kami tidak akan bisa memastikan apakah postingan tersebut asli atau hanya didorong oleh bot!” tulis akun @mabroukioussama. 

“itu untuk memungkinkan penipuan. itu sebabnya kamu melakukan ini. Tayangan palsu Anda yang dirutekan bot yang selalu menghasilkan rasio magnetis tidak dapat memanipulasi 'suka' dan 'retweet' secara terbalik, oleh karena itu mengapa Anda memperkenalkan ini,” tulis akun @@_Escapekey_.