Raye Ceritakan Nyawa di Balik Lagu Berdurasi 7 Menit, Genesis

JAKARTA - Solo artist peraih BROT Awards, Raye baru saja melepas single teranyar bertajuk 'Genesis'. Berbeda dari rilisan artis mainstream, Raye menyuguhkan trek berdurasi tujuh menit untuk single tersebut.

Raye baru-baru ini merayakan perilisan single tersebut di New York City. Di kesempatan itu ia mengungkap betapa lagu tersebut punya makna mendalam baginya.

"Ada quote dari Nina Simone, 'tugas artis adalah untuk merefelksikan zaman'. Dan kata-kata itu sangat berarti bagiku, dan aku yakin untuk mewujudkan hal itu adalah melalui seni dan musikku," ujarnya dilansir dari NME, 7 Juni.

Karena itulah single ini membawa sisi personal dan pemikirannya sebagai manusia, sekaligus sebagai musisi. Ini adalah representasi perjalanan musik Raye yang telah melewati banyak fase.

"Lagu ini adalah komposisi tujuh menit yang kurangkai dan kurajut dengan seksama selama setahun setengah, bereksperimen dengan berbagai genre dan ekspresi suara, dengan semua lapisan musik dan liriknya, membawa pesan 'Terang Akan Datang,'" lanjutnya.

Lebih dari sekadar musik untuk diperjualbelikan, lagu ini menjadi bentuk permohonan dan harapan terhadap kekuatan yang lebih besar.

Genesis milik Raye memadukan berbagai unsur genre dan sound, dengan sentuhan jazz, hip hop hingga RnB. Akankah lagu ini sefenomenal albumnya kemarin?