Nawawi Pomolango Soal Jubir Baru KPK: Penyegaran Sekaligus Beri Kesempatan Pegawai Lain

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan ditunjuknya Tessa Mahardika Sugiarto sebagai juru bicara menggantikan Ali Fikri sebagai bentuk penyegaran.

Kepastian ini disampaikan Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango saat dikonfirmasi. Awalnya, dia menjelaskan Ali yang merupakan Kepala Bagian Pemberitaan KPK memang sudah lama jadi pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK menggantikan Febri Diansyah yang mengundurkan diri.

“Mas Ali itu kan sudah cukup lama menjadi Juru Bicara KPK yang waktu itu menggantikan Mas Febri Diansyah. Malahan pada beberapa waktu lalu, yang bersangkutan telah menduduki jabatan sebagai kepala bagian pemberitaan,” kata Nawawi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 7 Juni.

Kondisi ini yang membuat KPK menunjuk juru bicara baru, ujar Nawawi. Dia yakin banyak pegawai yang kompeten dalam melaksanakan komunikasi publik.

“Jadi enggak ada salahnya kalo kami berencana melakukan semacam penyegaran sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai KPK lainnya untuk menjadi corong lembaga,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menunjuk Tessa Mahardika Sugiarto yang merupakan eks penyidik sebagai juru bicara lembaga. Kabar ini disampaikan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak.

“Sekarang sudah diangkat jubir yang definitif Pak Tesa,” kata Johanis Tanak saat dikonfirmasi VOI, Jumat, 7 Juni.

Tanak menjelaskan Ali sebenarnya ditunjuk sebagai Kepala Bagian Pemberitaan KPK. Lalu ia mendapat tugas tambahan.