One UI 6.1 Jadi Pembaruan Terakhir untuk Seri Galaxy A52

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan One UI 6.1 ke seluruh perangkat Galaxy yang kompatibel sejak akhir Maret lalu. Software ini diluncurkan secara bertahap, mulai dari ponsel kelas flagship hingga kelas mid-range.

Pada akhir Mei lalu, muncul kabar bahwa seri Galaxy A52 akan menjadi salah satu ponsel di kelas mid-range yang mendapatkan pembaruan ini. Untuk saat ini, One UI 6.1 untuk Seri Galaxy A52 hanya terlihat di Korea Selatan dan belum diketahui kapan akan diperluas.

Sayangnya, One UI 6.1 akan menjadi pembaruan terakhir untuk Galaxy A52, A52 5G, dan A52S. Ponsel yang diluncurkan pada tahun 2021 ini tidak akan menerima pembaruan besar lainnya karena Samsung hanya menjanjikan pembaruan Android selama 3 tahun.

Meski pembaruan software-nya akan dihentikan, Samsung akan tetap meluncurkan pembaruan keamanan selama satu tahun ke depan. Pembaruan keamanan ini akan diluncurkan secara rutin agar ponsel tetap terjaga secara up-to-date.

One UI 6.1 merupakan salah satu pembaruan software terbesar karena membawa Galaxy AI, fitur yang dikembangkan dengan Kecerdasan Buatan (AI). Seri A52 bukan perangkat yang kompatibel dengan Galaxy AI, tetapi ponsel ini tetap menerima beberapa fitur baru.

Perlu diingat bahwa setelah One UI 6.1 diluncurkan di seri A52, fitur di perangkat ini akan sedikit tertinggal karena pembaruannya yang sudah dibatasi. Pengguna hanya bisa mempertahankan perangkat tersebut hingga pembaruan keamanannya selesai.

Jika seri A52 yang Anda gunakan sudah tidak mendapatkan pembaruan apa pun, khususnya pembaruan keamanan, Anda sudah harus beralih ke perangkat yang lebih baru. Pasalnya, ponsel yang tidak mendapatkan pembaruan apa pun akan lebih rentan terhadap serangan siber.