Mobil Listrik Murah VinFast VF 3 Dikonfirmasi Bakal Hadir di Filipina, Intip Lagi Spesifikasinya

JAKARTA - Merek mobil asal Vietnam yaitu VinFast secara resmi hadir di pasar Filipina dengan membawa empat model sekaligus, meliputi VFe34, VF5, VF7, dan VF9.

Namun, tak hanya model itu saja jenama asal Vietnam ini juga mengkonfirmasi akan menghadirkan mobil murah dari VinFast yaitu VF3 yang tampil pertama kali dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 pada awal tahun ini.

Berdasarkan laporan Top Gear PH, dikutip Kamis, 6 Juni, belum ada rincian spesifikasi untuk mobil dengan tampilan desain unik dan funky ini. Tapi, dipastikan memang akan melantai untuk meramaikan pasar lokal.

Secara spesifikasi, mengutip dari laman CarBuzz, mobil satu ini hadir dengan dimensi panjang  3.213 mm, lebar 1.678 mm, dan tinggi 1.620 mm. VinFast menyatakan bahwa dimensi ini cukup proporsional untuk mobilitas perkotaan.

Secara desain eksterior mobil ramah lingkungan ini dibekali depan lampu depan berbentuk persegi, dan terdapat logo V yang terletak di bumper depan. Terlihat sangat unik yang menjadikanya ciri khas mobil asal Vietnam ini.

Masuk ke dalam kabin, VF 3 menampilkan kesan minimalis untuk memaksimalkan ruang bagi lima penumpang di dalam kendaraan. Fitur-fitur dasar yang cerdas terintegrasi sepenuhnya, memastikan pengalaman pengguna yang nyaman dan optimal.

Detailnya, bagian dalamnya dilengkapi dengan sistem infotainmen canggih berukuran 10 inci yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. VinFast VF 3 juga memiliki kapasitas muatan yang besar untuk menyimpan banyak barang. Dengan melipat kursi baris kedua, ruang kargo belakang dapat menampung hingga 550 liter.

VF 3 didukung oleh baterai lithium-ion berkapasitas 18,64 kWh, mobil ini hanya memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 209 km berdasarkan standar dari NEDC. Selain itu, SUV kecil ini mampu melakukan pengisian daya dari 10 hingga 70 persen dalam 36 menit. Serta dibekali dengan motor listrik yang dapat memompa tenaga sebesar 43 dk dan torsi 109 Nm tersalurkan ke roda belakang. Menurut VinFast, VF 3 dapat berlari dari 0 ke 50 km/jam dalam 5,3 detik saja.

Soal harga, diperkirakan akan dibanderol murah seharga  Rp203,2 jutaan dan Rp151,5 jutaan untuk versi tanpa baterai. Selain itu, pabrikan juga menawarkan paket berlangganan baterai dengan tiga level yang memiliki biaya yang bervariasi tergantung jarak tempuh bulanan.

VinFast sendiri sudah hadir di Indonesia dengan membawa berbagai model. Tentunya, tak menutup kemungkinan model satu ini juga akan menyapa pasar tanah air.