NVIDIA Luncurkan Teknologi RTX Terbaru untuk Asisten AI dan Manusia Digital

JAKARTA— NVIDIA, pada Minggu 2 Juni, mengumumkan inovasi terbaru di COMPUTEX 2024 dengan memperkenalkan teknologi RTX™ yang akan mendukung asisten AI dan manusia digital yang berjalan pada laptop GeForce RTX™ AI terbaru.

NVIDIA meluncurkan Project G-Assist, sebuah demo teknologi asisten AI berbasis RTX yang menyediakan bantuan kontekstual untuk game dan aplikasi PC. Project G-Assist pertama kali diperkenalkan bersama game ARK: Survival Ascended dari Studio Wildcard. Selain itu, NVIDIA juga memperkenalkan layanan mikro inferensi NVIDIA NIM™ pertama untuk platform manusia digital NVIDIA ACE berbasis PC.

Teknologi ini didukung oleh NVIDIA RTX AI Toolkit, sebuah rangkaian alat dan kit pengembangan perangkat lunak yang membantu pengembang dalam mengoptimalkan dan menerapkan model AI generatif besar di PC Windows. Inovasi-inovasi ini akan bergabung dengan teknologi RTX AI full-stack NVIDIA yang sudah mempercepat lebih dari 500 aplikasi dan game PC serta mendukung 200 desain laptop dari berbagai produsen.

Laptop RTX AI PC terbaru dari ASUS dan MSI yang diumumkan di acara ini dilengkapi dengan GPU GeForce RTX 4070 dan sistem-on-a-chip yang efisien daya dengan kemampuan AI PC Windows 11. Laptop-laptop ini juga akan menerima pembaruan gratis untuk pengalaman Copilot+ PC saat tersedia.

"Pada tahun 2018, NVIDIA memulai era PC AI dengan merilis GPU RTX Tensor Core dan NVIDIA DLSS," kata Jason Paul, wakil presiden consumer AI di NVIDIA. "Sekarang, dengan Project G-Assist dan NVIDIA ACE, kami membuka generasi berikutnya dari pengalaman yang didukung AI untuk lebih dari 100 juta pengguna PC RTX AI."

Project G-Assist: Asisten AI GeForce

Asisten AI diharapkan akan mengubah pengalaman bermain game dan dalam aplikasi — dari menawarkan strategi bermain game dan menganalisis replay multiplayer hingga membantu alur kerja kreatif yang kompleks. Project G-Assist dirancang untuk menjawab tantangan tersebut dengan memberikan bantuan berbasis AI yang memahami konteks permainan dan kebutuhan spesifik pemain.

Debut NIM PC ACE Pertama

Teknologi NVIDIA ACE yang mendukung manusia digital kini hadir di PC AI RTX dan workstation dengan NVIDIA NIM — layanan mikro inferensi yang memungkinkan pengembang mengurangi waktu penerapan dari minggu menjadi menit. Layanan mikro ACE NIM memberikan inferensi berkualitas tinggi yang berjalan secara lokal pada perangkat untuk pemahaman bahasa alami, sintesis ucapan, animasi wajah, dan lebih banyak lagi.

Windows Copilot Runtime Menambahkan Akselerasi GPU untuk SLM PC Lokal

Microsoft dan NVIDIA juga bekerja sama untuk membantu pengembang membawa kemampuan AI generatif baru ke aplikasi asli Windows dan web. Kolaborasi ini akan memberikan akses API mudah kepada pengembang aplikasi ke model bahasa kecil (SLM) yang dipercepat GPU, memungkinkan kemampuan retrieval-augmented generation (RAG) yang berjalan di perangkat sebagai bagian dari Windows Copilot Runtime.

RTX AI Toolkit: 4x Lebih Cepat, Model 3x Lebih Kecil

NVIDIA juga memperkenalkan RTX AI Toolkit, sebuah rangkaian alat dan SDK untuk kustomisasi model, optimalisasi, dan penerapan pada PC RTX AI. Toolkit RTX AI akan tersedia akhir bulan ini untuk akses pengembang yang lebih luas.

AI untuk Pembuatan Konten

NVIDIA juga mengintegrasikan akselerasi RTX AI ke dalam aplikasi untuk kreator, modder, dan penggemar video.