Lindungi Galaxy Ring dari Klaim Pelanggaran Hak Paten, Samsung Menggugat Oura

JAKARTA – Samsung sedang mempersiapkan peluncuran cincin pintar pertamanya, yaitu Galaxy Ring. Banyak yang sedang perusahaan itu persiapkan, salah satunya melindungi Galaxy Ring dari hak paten Oura.

Oura merupakan produsen perangkat wearable asal Finlandia yang juga fokus mengembangkan cincin pintar. Perusahaan itu memiliki hak paten dan kekayaan intelektual atas perangkat buatannya, termasuk Oura Ring generasi ketiga atau yang paling baru.

Dari rekam jejaknya, perusahaan itu sering menggugat produsen cincin pintar yang lain seperti Ultrahuman, Circular, dan RingConn. Biasanya, Oura mengeklaim bahwa pesaingnya telah melanggar IP tertentu yang dimiliki perusahaannya.

Samsung menyadari bahwa mereka akan menjadi salah satu ancaman bagi Oura. Mereka yakin bahwa Oura akan mengajukan klaim atas hak paten cincin pintar. Oleh karena itu, sebelum Oura menggugat, Samsung mengajukan gugatan terlebih dahulu.

Berdasarkan laporan The Verge, gugatan ini diajukan agar Samsung mendapatkan pernyataan deklaratif bahwa Galaxy Ring yang mereka luncurkan tidak melanggar lima paten Oura. Samsung pun menyinggung kebiasaan Oura dalam mengajukan gugatan.

Menurut perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu, Oura selalu mengajukan gugatan terhadap pesaingnya. Padahal, fitur yang digugat merupakan, "fitur yang umum (dan bisa ditemukan) di hampir semua cincin pintar."

Fitur yang Samsung singgung merujuk pada sensor, elektronik, baterai, hingga skor berdasarkan metrik yang berasal dari sensor. Samsung memperjelas bahwa gugatan yang mereka ajukan merupakan bentuk antisipasi sebelum menjadi target gugatan Oura.

Selain melindungi peluncuran Galaxy Ring, gugatan yang Samsung ajukan berisi informasi mengenai cincin pintar tersebut. Perusahaan mengonfirmasi bahwa desain perangkat kerasnya telah diselesaikan pada pertengahan Mei lalu.

Produksi massal untuk Galaxy Ring akan dilakukan pada pertengahan Juni. Samsung juga mengungkapkan bahwa perangkat wearable ini akan memasuki pasar AS sekitar bulan Augustus dengan beberapa fitur canggih yang sudah siap digunakan.