MediaTek Luncurkan Chipset Kompanio 838 untuk Chromebook

JAKARTA – MediaTek, perusahaan semikonduktor asal Taiwan, meluncurkan produk terbaru di acara Computex 2024. Produk yang perusahaan itu dipamerkan adalah chipset Kompanio 838 untuk Chromebook.

Disampaikan oleh CEO MediaTek Rick Tsai, Kompanio 838 dirancang khusus sebagai chipset Kecerdasan Buatan (AI). Menggunakan NPU 650, chipset ini mampu mengeksekusi komputasi yang kompleks dan pemrosesan datanya lebih efisien.

Sebagai pendamping Chromebook, Kompanio 838 mendukung streaming dengan kualitas 4K dan mampu meningkatkan kualitas gambar. Bahkan, prosesor ini mendukung penggunaan dua layar 4K untuk streaming konten atau penghubung ke monitor beresolusi tinggi.

Konektivitas Kompanio 838 telah ditingkatkan menjadi Wi-Fi 6 dan 6E melalui teknologi MediaTek Filogic. Dengan konektivitas yang ditingkatkan, chipset ini menawarkan konektivitas dual-band dan tri-band dengan kecepatan hingga 1,9Gbps.

Hal lain yang ditonjolkan dari prosesor ini adalah daya tahan baterainya. Berkat Kompanio 838, Chromebook yang menggunakan chipset ini bisa bertahan seharian penuh karena masa pakai baterainya yang sangat panjang.

Meski tidak diperjelas berapa kapasitas baterainya, MediaTek mengatakan bahwa Chromebook akan tetap ringan dan tipis. Sepertinya, perangkat ini menggunakan teknologi khusus yang membuat perangkat tetap ringan meskipun baterainya lebih besar.

Terakhir, MediaTek menjelaskan bahwa chipset baru ini mendukung DDR4 dan LPDDR4X. Dua jenis memori ini telah memenuhi persyaratan OEM sehingga produsen Chromebook bisa menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya.