Airbag Tidak Berfungsi, VinFast Tarik Kembali VF 8 di AS

JAKARTA - VinFast, perusahaan otomotif dari Vietnam dirundung kabar tidak menyenangkan yang melibatkan model VF 8. Diketahui crossover ini terdampak recall di Amerika Serikat (AS).

Menurut laporan Carscoops, Senin, 3 Juni, recall ini melibatkan sebanyak 284 unit VF 8 yang disebabkan karena airbag yang tidak berfungsi. Dari jumlah tersebut, 52 unit di antaranya sudah berada di tangan pelanggan.

Mobil yang terlibat merupakan keluaran produksi 2022 hingga 2024 berpotensi secara tidak sengaja dilengkapi dengan inflator airbag inert. Pabrikan pertama kali menyadari masalah ini pada 19 April, ketika seorang pelanggan di Vietnam membawa crossover mereka ke dealer karena lampu peringatan airbag menyala.

Dealer menyelidiki masalah tersebut dan menemukan airbag sisi penumpang depan dilengkapi dengan pengapian inert yang seharusnya hanya dipasang pada kendaraan pra-produksi. Airbag tersebut berfungsi demi memastikan keselamatan para insinyur hingga pengujian pengembangan tahap akhir.

Produsen mobil tersebut juga telah mengeluarkan perintah penghentian pengiriman dan penghentian penjualan secara global untuk kendaraan yang terdampak.

Beruntungnya, tidak ada kecelakaan atau cedera yang melibatkan mobil dengan airbag tersebut. Pabrikan akan mengatasi masalah ini dengan melakukan perbaikan yang dilakukan pada jaringan dealer dengan memasang airbag terbaru dengan kunci kontak aktif.

Pelanggan akan segera diberitahu, namun kendaraan yang dilengkapi dengan pengapian inert akan menyalakan lampu peringatan kantung udara untuk memperingatkan konsumen.