Ayat Seribu Dinar Lengkap dengan Arab, Latin, Terjemahan, dan Keutamaannya untuk Rezeki

YOGYAKARTA – Ayat Seribu Dinar adalah salah satu penggalan surat dalam Alquran yakni surah At-Thalaq ayat ke-2 dan ke-3 yang kemudian dijadikan sebagai bagian dari doa-doa harian. Disebut dengan Ayat 1000 Dinar karena memiliki keutamaan saat diamalkan dalam hal kelancara rezeki. Karena keutamaannya itulah Ayat Seribu Dinar kemudian banyak diamalkan.

Bacaan Ayat Seribu Dinar

Seperti dijelaskan sebelumnya, Ayat Seribu Dinar dibaca karena mampu memberikan kemudahan atas permasalahan yang sulit. Berikut ini bacaan Ayat Seribu Dinar disertai latin dan artinya.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā. wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā.”

Artinya:

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Keutamaan Ayat Seribu Dinar

Salah satu keutamaan Ayat Seribu Dinar adalah memberikan kelapangan rezeki bagi yang mengamalkan. Keutamaan tersebut sesuai dengan sebuah kisah seorang pedagang yang bermimpi didatangi oleh Nabi Khidir Alaihis Salam.

Dikisahkan suatu ketika, si pedagang bermimpi bertemu Nabi Khidir yang memintanya sedekah 1000 dinar emas. Karena taqwanya, si pedagang memenuhi permintaan tersebut untuk diberikan kepada fakir miskin.

Di lain hari si pedagang kembali bermimpi didatangi oleh Nabi Khidir. Dalam mimpinya sang Nabi  mengajarkan kepada orang tersebut untuk mengamalkan bacaan yang ada di dalam Alquran yakni At Thalaq ayat 2 dan 3. Sejak saat itu si pedagang terus mengamalkan amalan tersebut.

Tak disangka, suatu ketika harta kekayaan si pedagang raib karena terkena badai saat berlayar di lautan dan satu-satunya yang tersisa hanya nyawa dan amalan yang terus dibacanya. Singkat cerita, si pedangan yang kesulitan karena hartanya habis, ternyata menjadi seorang raja di tempat yang baru dengan kekayaan yang makin melimpah.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

Dianjurkan untuk mengamalkan Ayat Seribu Dinar sehari-hari secara rutin setelah melaksanakan ibadah. Cara mengamalkannya tentu tidak hanya sebatas membaca satu atau dua kali saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Memperbaiki keimanan dengan beribadah kepada Allah SWT sesuai syariat Islam
  2. Memperbanyak sedekah tanpa harap apapun selain ridha-NYA
  3. Membaca Ayat Seribu Dinar di waktu-waktu yang mustajab seperti saat shalat Tahajud, sesudah salat Subuh, saat puasa, dan sebagainya
  4. Dibarengi dengan amalan lain seperti puasa sunnah, sedekah, dan sebagainya
  5. Meyakini bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluar

Disarankan untuk memperbanyak bacaan wirid. Simak urutan bacaan wirid setelah sholat fardhu agar lebih baik.

Itulah informasi terkait Ayat Seribu Dinar. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.