Altseason Dimulai, Ini yang Perlu Diperhatikan Traders dan Investor Pemula

JAKARTA - Michael Wyann sebagai Research Analyst Reku dan Web3 Educator menyampaikan secara historis, Bitcoin mengalami reli dalam rentang waktu antara 1-6 bulan setelah halving.

Setelah itu biasanya akan diikuti oleh munculnya Altcoin Season atau Altseason, sebuah keadaan di mana altcoin akan mencatatkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan Bitcoin.

Di tengah potensi dan optimisme Altseason seperti saat ini, Michael berpendapat bahwa investor perlu mengoptimalkan momentum dengan sangat cermat.

"Sebelum kenaikan harga Altcoin muncul, justru dapat menjadi peluang bagi investor untuk berinvestasi atau trading di harga yang lebih rendah,” katanya dalam sebuah pernyataan dikutip Minggu, 2 Juni.

Nah, strategi yang bisa dilakukan terlebih untuk investor pemula dan konservatif antara lain dengan berinvestasi rutin atau Dollar Cost Averaging (DCA), sebab timing the market bisa jadi akan lebih menantang.

“Dengan begitu, investor bisa berinvestasi pada nominal tertentu dan memberikan harga rata-rata menarik," ujar Michael.

Sedangkan bagi traders, situasi menjelang Altseason dapat dimanfaatkan dengan menyusun strategi trading yang lebih agresif seperti day trading atau swing trading, untuk memanfaatkan volatilitas untuk meraih keuntungan cepat.

"Traders juga dapat memposisikan portofolio kriptonya di dalam narasi yang tepat, sebab penting untuk mengikuti tren dan perkembangan terbaru di pasar, demi memastikan bahwa alokasi aset para traders sudah sesuai dengan proyek dan koin yang memiliki potensi pertumbuhan di masa depan," jelas Michael.