Hasil Tinju Dunia: Zhang Pukul KO Wilder, Bivol Pertahankan Gelar

JAKARTA – Hasil pergelaran tinju dunia 5VS5 yang digelar di Riyadh, Arab Saudi pada Sabtu 1 Juni atau Minggu pagi 2 Juni WIB, memunculkan beberapa kejutan.

Kejutan pertama adalah kekalahan KO mantan juara kelas berat WBC, Deontay Wilder dari petinju China, Zhang Zhilei. Wilder menyerah KO ronde 5 setelah sebuah pukulan kanan Zhang telak menghantam rahangnya. Zhang kini memiliki rekor 27-2-1 (22 KO), sedangkan Wilder 43-4-1 (42 KO).

Kejutan berikutnya adalah kekalahan TKO petinju tak terkalahkan, Filip Hrgovic. Petinju asal Kroasia tersebut kalah TKO ronde 8 dari Daniel Dubois, dalam laga kelas berat yang dijadwalkan 12 ronde.

Luka di kedua mata Hrgovic membuat laga harus dihentikan, dan kemenangan TKO diberikan untuk Dubois, petinju asal Inggris. Rekor Dubois saat ini 21-1 (20 KO), sedangkan Hrgovic menelan kekalahan pertama sehingga rekornya menjadi 17-1 (14 KO).

Sementara itu di partai lain, juara kelas berat ringan WBA asal Rusia, Dimitry Bivol menghentikan perlawanan petinju asal Libya, Malik Zinad. Bivol menang TKO ronde 6 dari 12 yang dijadwalkan. Bivol belum terkalahkan dari 23 laga, dengan 12 kemenangan KO. Sementara bagi Zinad, ini adalah kekalahan pertama dari 23 laga yang 16 di antaranya dia menangi dengan KO.

Pergelaran tinju 5VS5 merupakan sebuah rangkaian pertandingan tinju profesional berformat turnamen, yang diadakan oleh dua promotor asal Inggris, Matchroom Boxing dan Queensberry. Keduanya mendapatkan dukungan dana dari pemerintah Arab Saudi.