Tiga ABK Tenggelam di Perairan Laut Jawa Usai Dihantam Ombak Saat Cari Ikan

JAKARTA - Kapal KM Bintan Jaya 10 mengalami kecelakaan karena hantaman ombak besar dan tenggelam di Perairan Karang Suji pada wilayah perairan laut jawa, Kabupaten Bangka Selatan.

Peristiwa terjadi ketika kapal dengan 4 orang anak buah kapal (ABK) tengah mencari ikan dari Pelabuhan Nelayan Mentok menuju Fishing Ground Perairan Laut Jawa pada Karang Suji. Kapal dihantam ombak besar saat berada di area Fishing Ground perairan Karang Suji, Bangka Selatan.

Salah satu ABK yang berhasil selamat diketahui bernama Andong. Dia diselamatkan oleh nelayan lainnya yang melintas di lokasi saat detik - detik tenggelamnya kapal.

Kapal yang menyelamatkan ABK bernama Andong tersebut, menginformasikan kejadian ke kapal nelayan lain disekitar lokasi.

Kemudian KM Kaisar segera menuju kepinggir untuk menghubungi pemilik kapal bahwa KM Bintan Jaya 10 tenggelam di hantam ombak. Pemilik kapal melaporkan kejadian tersebut ke Kansar Pangkalpinang untuk memohon bantuan SAR.

Sementara ketiga ABK Kapal KM Bintan Jaya 10 lainnya hilang bersama kapal yang tenggelam dihantam ombak.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang yang menerima informasi kejadian segera menuju lokasi kejadian untuk proses evakuasi. 1 tim rescue Unit Siaga SAR Toboali diberangkatkan menuju lokasi kejadian.

Setiba di Dermaga Nelayan, Tim SAR Gabungan dari Rescuer Unit Siaga SAR Toboali, Polairud Basel, TNI AL dan ABK KM Kaisar langsung melakukan pencarian terhadap para korban yang diduga ikut hanyut di hantam ombak pada Koordinat 3° 30.000'S 106° 44.000'E .

"Pencarian mengerahkan 1 Rigid Bouyancy Boat (RBB) milik basarnas dan dibantu dua buah kapal nelayan yang turut mencari para korban," kata Kepala Kansar Pangkalpinang, I Made Oka Astawa saat dikonfirmasi, Minggu, 2 Juni.

Lebih lanjut I Made Oka mengatakan, kejadian tersebut menimpa nelayan asal mentok yang pergi mencari ikan pada fishing ground, perairan Karang Suji di laut jawa.

"Upaya pencarian akan terus diupayakan hingga ketiga korban ABK yang diduga ikut hanyut dapat ditemukan. Semoga Upaya tim sar gabungan dapat membuahkan hasil yang baik dan para abk dapat segera ditemukan," ujarnya.