6 Menu Sarapan Pagi untuk Penderita Penyakit Ginjal, Jangan Asal Konsumsi

YOGYAKARTA - Penderita penyakit ginjal perlu mempertimbangkan pilihan makanan yang dikonsumsi. Termasuk menu untuk sarapan di pagi hari. Ada sejumlah pantangan makanan dan yang direkomendasikan bagi orang-orang yang mengidap penyakit ini. 

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Asupan makanan yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi kondisi ginjal. Oleh karena itu, penderita penyakit ginjal harus pilih-pilih makanan yang dikonsumsi demi menghindari masalah yang lebih parah. 

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki manfaat dalam menunjang fungsi ginjal. Lantas apa saja menu sarapan pagi untuk penderita ginjal yang bisa dijadikan pilihan?

Rekomendasi Sarapan Pagi untuk Penderita Penyakit Ginjal

Memiliki pola makan sehat sangat penting diterapkan oleh penderita penyakit ginjal. Anda harus memiliki jenis-jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi. Pengidap penyakit ini dianjurkan untuk membatasi asupan natrium, kalium, dan fosfor. 

Berikut ini beberapa menu sarapan pagi yang baik bagi penderita penyakit ginjal:

Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna direkomendasikan sebagai menu sarapan pagi untuk penderita penyakit ginjal. Makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal. 

Selain itu, salmon dan tuna juga rendah kalium, fosfor, serta natrium. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan ini juga membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah normal pada penderita. Namun konsumsi ikan sebaiknya dibatasi hingga 2–3 kali seminggu.

Kubis

Salah satu sayuran yang baik untuk ginjal adalah kubis. Sayuran ini kaya akan antioksidan, serat, serta vitamin B, C, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Mengolah kubis menjadi sup bisa menjadi pilihan menu sarapan pagi yang tepat untuk penderita penyakit ginjal. Selain itu, kubis termasuk rendah kalium, natrium, dan fosfor.

Putih Telur

Penderita penyakit ginjal dianjurkan mengonsumsi putih telur dan menghindari kuning telur karena kandungan fosfor yang tinggi pada bagian ini. Putih telur aman dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal karena mengandung fosfor rendah serta merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Untuk menu sarapan, putih telur bisa direbus agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti blueberry juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal setiap hari. Buah ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, dan penurunan kognitif. Selain itu, blueberry juga rendah kalium, natrium, dan fosfor.

Beberapa buah lain yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat adalah apel, nanas, dan persik. Buah-buahan ini dapat membantu menjaga fungsi ginjal serta menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sayuran Hijau

Selain kubis dan kembang kol, penderita penyakit ginjal juga bisa menikmati olahan sayuran hijau untuk sarapan pagi. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam baik untuk penderita penyakit ginjal stadium awal karena kaya akan antioksidan dan mengandung berbagai vitamin serta mineral. Namun sayuran ini cenderung tinggi kalium, sehingga tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal tahap lanjut.

Dada Ayam Tanpa Lemak

Meskipun penderita penyakit ginjal perlu membatasi asupan protein, kebutuhan protein tubuh tetap harus dipenuhi. Oleh karena itu, salah satu rekomendasi sarapan pagi untuk penderita penyakit ginjal adalah dada ayam tanpa lemak atau kulit.

Dada ayam adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan protein dan menjaga kesehatan tubuh. Namun sebaiknya hindari mengolah dada ayam dengan cara digoreng atau dipanggang karena dapat meningkatkan kadar fosfor dan natrium.

Demikianlah rekomendasi menu sarapan pagi untuk penderita penyakit ginjal. Bagi Anda yang mengalami penyakit ini atau memiliki saudara yang menderita penyakit ginjal, menu-menu di atas bisa dijadikan pilihan. Baca juga tips diet penderita batu ginjal.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.