Acara Perpisahan Marcus/Kevin di Indonesia Open 2024 Batal

JAKARTA – Acara perpisahan pasangan fenomenal Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan gagal dihelat di Indonesia Open 2024.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebelumnya sudah merencanakan acara perpisahan sebagai bentuk apresiasi kepada Minions itu digelar tepat di ajang Super 1000 BWF tersebut.

Rencana untuk rangkaian acara itu pun sudah disusun oleh PBSI. Namun, menurut kabar yang beredar, Marcus/Kevin menolak untuk hadir di acara yang bertujuan memberi penghormatan, ucapan terima kasih atas prestasi, dan dedikasi mereka itu.

Pada awalnya, acara perpisahan ini rencananya diselenggarakan pada final Indonesia Open 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu, 9 Juni 2024.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Ricky Soebagdja, mengklarifikasi bahwa batalnya acara ini karena Minions memiliki agenda yang tidak bisa ditinggalkan pada hari tersebut.

"Kami merencanakan menggelar acara perpisahan bagi Minions pada hari final turnamen (Indonesia Open 2024). Sayangnya, pada hari itu Marcus berhalangan karena dia memiliki agenda lain yang tidak bisa ditunda," kata dia.

Dalam rencana PBSI, mereka ingin melanjutkan tradisi acara seremoni perpisahan spesial bagi pemain-pemain yang telah menyatakan gantung raket.

Acara perpisahan serupa juga pernah diselenggarakan PBSI saat Greysia Polii, peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani, memutuskan pensiun.

Ketika itu, acara perpisahan tersebut digelar di tengah penyelenggaraan turnamen Indonesia Open 2022.

"Acara perpisahan ini sejatinya merupakan wujud apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih PBSI kepada Marcus/Kevin. Maklum, selama bermain, Minions itu telah mencatatkan prestasi dan dedikasi yang luar biasa bagi dunia bulu tangkis Indonesia," kata Ricky.