Piala Menpora Aquabike Jadi Persiapan untuk Kejuaraan Dunia AWC

JAKARTA – Piala Menpora Aquabike Indonesia Championship 2024/2025 akan dimanfaatkan untuk menjaring dan menyiapkan atlet untuk Kejuaraan Dunia Aquabike (AWC).

Rangkaian ajang Piala Menpora Aquabike baru digelar satu seri. Masih ada sisa empat seri lainnya sebelum ajang AWC 2024 dihelat pada bulan November 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa rangkaian seri nasional ini menjadi kesempatan bagi riders Indonesia untuk mematangkan persiapan.

"Indonesia mendapatkan wildcard sebanyak 10 riders. Maka dari itu, kegiatan rangkaian seri nasionalnya bertajuk Piala Menpora Aquabike ini digunakan untuk mempersiapkan dan mencari riders yang akan balap di Kejuaraan Dunia nantinya," kata Dito.

Seri pertama Piala Menpora Aquabike sebelumnya sudah digelar pada tanggal 2-3 Maret 2024 di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Lalu Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, akan dipercaya menggelar seri kedua pada Juni 2024. Menyusul setelah itu, seri ketiga di Sulawesi Utara pada Agustus 2024, dan seri keempat berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dito mengatakan bahwa untuk seri kelima akan berlangsung pada September 2024 dan dihelat Jakarta atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pemprov DKI memiliki tempat jetski yang waktu itu dibangun untuk Asian Games (2018). Jadi, nanti Aquabike akan digelar di sana karena fasilitasnya tingkat dunia dan berstandar internasional," kata Dito.

Indonesia sebelumnya sudah memiliki komitmen untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia aquabike sampai dengan tahun 2027.

Kesuksesan Indonesia menyelenggarakan kejuaraan dunia pada November 2023 membuat ada kemungkinan kepercayaan menjadi tuan rumah bisa diperpanjang.

Dito mengatakan bahwa ke depan Indonesia juga perlu menyiapkan atlet-atlet aquabike dalam program jangka panjang.

"Ini bisa menjadi salah satu fokus dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) karena kita sudah dipercaya menjadi tuan rumah, maka sudah semestinya nanti riders dari Indonesia juga bisa berkiprah," ujar dia.