Respons Surya Paloh Saat Tahu Kementan Bantu Kegiatan Organisasi Sayap NasDem: Baik, Bagus, Jalankan

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, disebut mengetahui soal kegiatan pembagian bantuan sosial (bansos) hingga kurban yang dilakukan Garda Wanita (Garnita) Malahayati merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Pernyataan itu disampaikan Joice Triatman mantan staf khusus Syahrul Yasin Limpo atau SYL sekaligus Wabendum Partai NasDem ketika menjadi saksi persidanga kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi.

Awalnya penasihat hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen, mempertanyakan perihal melaporkan seluruh kegiatan Garnita yang merupakan organisasi sayap NasDen kepada Surya Paloh.

"Saudara menyebutkan bahwa terkait dengan hewan kurban, kemudian dengan sembako, dengan telor, itu ada bantuan dari kementan. Ada menyebut itu atau tidak?" tanya Koedoeboen dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei.

"Kepada Pak Surya Paloh?" tanya Joice memastikan

"Iya," sebut Koedoeboen.

"Iya," jawab Joice soal melaporkan kegiatan kepada Surya Paloh.

Koedoeboen kemudian meminta Joice untuk menyampaikan bagaimana pernyataannya ketika melaporkan kepada Surya Paloh.

Joice menyebut semua kegiatan Garnita dilaporkan secara formal, baik pembagian sembako hingga pemotongan hewan kurban.

"Izin melaporkan bapak, bahwa yg dalam 3 bulan terakhir ini sudah ada kegiatan a,b,c, d, termasuk dari pembagian sembako, kemudian ada idul kurban dan sebagainya itu semua bantuan yang berasal dari Kementan," sebut Joice.

 

Dengan laporan itu, Surya Paloh disebut mengetahui bila kegiatan Garnita merupakan sumbangan dari Kementan. Bahkan, Ketua Umum NasDem tersebut memintanya untuk terus menjalankannya.

"Terus apa tanggapan beliau?" tanya Koedoeboen.

"Baik, bagus, jalankan," kata Joice menirukan pernyataan Surya Paloh.