Microsoft Luncurkan Bot Copilot di Telegram

JAKARTA – Microsoft menambahkan Copilot, asisten Kecerdasan Buatan (AI) generatif, ke dalam aplikasi perpesanan Telegram. Di platform tersebut, Copilot bisa diakses sebagai chatbot dan dijadikan teman obrolan.

Hadir dalam bentuk bot, Copilot dapat merespons berbagai topik yang diajukan oleh pengguna. Bot ini akan memberikan jawaban yang menambah pengetahuan, memberikan tips perjalanan, memberikan rekomendasi film, dan masih banyak lagi.

Sebagai teman obrolan, Copilot juga bisa digunakan sebagai hiburan. Microsoft mengatakan bahwa chatbot AI ini bisa menceritakan lelucon, membagikan gif yang lucu, atau menyarankan permainan kasual dengan menggunakan bahasa alami.

Saat ini, Copilot untuk Telegram baru tersedia dalam versi beta atau pengujian, tetapi seluruh pengguna sudah bisa mencoba bot tersebut secara gratis. Pengguna hanya perlu mencari akun @CopilotOfficialBot di bilah pencarian Telegram.

Setelah menemukan bot Copilot dengan centang biru, pengguna bisa langsung mengeklik opsi Mulai di ruang obrolan. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk menyetujui Ketentuan Penggunaan dan membagikan nomor telepon untuk Telegram.

Selanjutnya, pengguna bisa mengajukan pertanyaan apa pun. Sayangnya, Copilot membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjawab pertanyaan. Ketika VOI bertanya mengenai tipe malware, bot tersebut membutuhkan waktu hingga 10 detik untuk menjawab.

Namun, jawaban yang diberikan cukup detail. Bahkan, Copilot menyertakan hyperlink sebagai referensi. Hyperlink ini bisa diklik dan pengguna akan diarahkan ke situs web Bing untuk melihat jawaban yang lebih detail dari berbagai sumber.

Copilot untuk Telegram bisa digunakan di berbagai sistem perangkat seperti Windows, macOS, Android, maupun iOS. Jika bot ini sudah diaktifkan di salah satu perangkat, pengguna bisa langsung menggunakan botnya saat beralih ke perangkat lain.