Cetta Akuisisi Startup EAS.ai untuk Perkuat Teknologi Lingkungannya

JAKARTA – PT Cetta Trans Digital, penyedia dukungan perangkat lunak bagi PT Trusur Unggul Teknusa, mengakuisisi EAS.ai pada 17 Mei lalu. Startup AI asal Singapura ini diakuisi untuk memperkuat posisi Cetta.

Harapannya, Cetta dapat memimpin dalam industri teknologi dengan mengembangkan kemampuan teknologi Artificial Intelligence (AI) miliknya. Perusahaan ini ingin membuka peluang pasar baru di bidang militer, penerbangan, dan perawatan kesehatan.

CEO Cetta Deni Khanafiah mengatakan bahwa EAS.ai memiliki kapabilitas yang luar biasa sehingga Cetta tertarik untuk mengakuisisi startup tersebut. Dengan dilakukannya akuisisi ini, Deni yakin bahwa bisnis perusahaannya bisa diperluas.

"Sebagai pemain teknologi yang agnostik EAS.ai memiliki portofolio dan kapabilitas yang luar biasa. Langkah penting ini menandai kemajuan baru bersama berfokus padakan pada pengembangan, pertumbuhan, dan ekspansi bisnis," kata Deni dalam keterangan yang VOI terima.

EAS.ai merupakan startup yang fokus pada AI dan Teknologi 4.0. Perusahaan ini unggul dalam AI dan ilmu data, platform low-code dan no-code, serta inisiatif transformasi digital. Dengan berbagai keunggulan ini, ESA.ai memiliki inovasi yang dibutuhkan Cetta.

Startup ini memiliki alat berbasis AI untuk memindai serta memoderasi konten di platform media sosial, alat transkrip ke teks secara real-time, notifikasi berbasis AI untuk meningkatkan komunikasi lalu lintas udara, dan masih banyak lagi.

Seluruh kompetisi dari ESA.ai dipercaya akan meningkatkan portofolio Cetta secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Keahlian EAS.ai dalam sektor militer, penerbangan, dan bidang kesehatan juga membuka jalan baru bagi Cetta dalam mengembangkan solusi.

Sama seperti Deni, CEO dan CFO ESA.ai David Siow menyambut baik akuisisi ini. Perusahaan itu mengakui bahwa, "Kami sangat bangga dapat bergabung dengan Cetta di bawah kepemimpinan ACSI Corp, terutama karena kami telah mengenal reputasi sister company baru kami, Trusur, yang merupakan pionir di industri teknologi lingkungan."

Selain menjadi langkah yang strategis untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan, akuisisi ini akan menegaskan komitmen Cetta dalam memanfaatkan teknologi yang dapat menangani tantangan lingkungan. Komitmen ini akan memperkuat nilai perusahaan.