Google Akan Tambahkan Dukungan Pindai dengan Kode QR ke dalam Fitur Quick Share

JAKARTA – Quick Share, fitur berbagi file secara cepat di perangkat Android, akan mendapatkan pembaruan dari Google. Dalam waktu dekat, fitur ini bisa langsung terhubung dengan perangkat lain menggunakan kode QR.

Saat ini, kedua ponsel harus berada di jarak yang sangat dekat, menggunakan jaringan yang sama, atau terhubung dengan Bluetooth selama menggunakan fitur Quick Share. Meski melakukan ketiganya, terkadang Quick Share masih sulit untuk digunakan.

Maka dari itu, untuk mempercepat proses menyambungkan kedua perangkat, Google akan meluncurkan dukungan kode QR. Berdasarkan temuan akun AssembleDebug di platform X, mengutip dari Android Police, dukungan baru ini akan ditambahkan ke versi 24.20.13.

Dilihat dari layanan Google Play, pengguna ponsel Android yang memiliki fitur Quick Share bisa membuat kode QR dan menampilkannya melalui opsi Bagikan dengan Kode QR. Dukungan baru ini ditambahkan di bawah menu Bagikan dengan Siapa Pun.

Saat opsi Bagikan dengan Kode QR dibuka, perangkat lainnya bisa mengarahkan kamera untuk memindai kode QR yang muncul. Nantinya, kode berisi URL near.by akan memulai koneksi dan kedua perangkat bisa langsung membagikan file.

Selama menggunakan kode QR, Anda tidak perlu menyambungkan kedua perangkat secara manual melalui hotspot. Namun, Anda tetap harus menyalakan Bluetooth dan mengizinkan Lokasi Anda selama menggunakan fitur Quick Share.

Untuk saat ini, belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan secara luas. Satu hal yang pasti, fitur ini tidak akan berfungsi jika Anda memindai kode QR-nya menggunakan iPhone. Fitur ini hanya berfungsi dengan sesama perangkat Android.