Frank Ifield “Si Penyanyi Yodel” Meninggal Dunia di Usia 86 Tahun

JAKARTA - Penyanyi country Frank Ifield dikabarkan meninggal dunia di Sydney pada Sabtu, 18 Mei lalu. Pria yang lahir di Inggris dan memiliki keturunan Australia itu meninggal di usia 86 tahun.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh mantan direktur musiknya yang bernama Bob Howe, seperti dilansir dari BBC. Namun begitu tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai penyebab meninggalnya Frank Ifield.

Adapun, Frank Ifield menjadi sangat terkenal lewat lagunya yang berjudul “She Taught Me to Yodel” dari album “I Remember You” yang dirilis tahun 2961. Dia juga dikenal dengan penyanyi yang kerap menggunakan yodel, teknik bernyanyi antara rentang natural voice dan range yang tinggi secara bolak-balik.

Dalam karier musiknya, Ifield telah merekam 25 album dan dianugerahi Medal of the Order of Australia pada tahun 2009.

Pada tahun 1980an, Ifield sempat menderita pneumonia yang menyebabkan paru-paru kolaps. Setelah operasi, dokter mengatakan bahwa dia tidak akan pernah bernyanyi lagi.

Namun, dengan bantuan latihan penguatan vokal, Ifield berhasil kembali ke atas panggung.

“Ketika saya akhirnya mulai tampil lagi, saya harus melakukannya dengan hati-hati,” kata Frank Ifield kepada Daily Express pada tahun 2019.

“Saat ini saya mungkin tidak dapat mempertahankan nada selama dulu, namun masih ada banyak kekuatan di sana,” lanjutnya.

“Saya akan hancur jika saya tidak bisa bernyanyi lagi.”

Di akhir karier musiknya, Ifield tetap aktif dalam musik Australia dan mendukung sejumlah penyanyi muda.