Dell Technologies Luncurkan PC dan Server Baru Berbasis AI dengan Prosesor Qualcomm dan Chip Nvidia

JAKARTA - Dell Technologies meluncurkan rangkaian PC yang dilengkapi teknologi AI yang didukung oleh prosesor Qualcomm serta mengumumkan server baru yang mendukung chip terbaru dari Nvidia. PC ini yang akan tersedia di pasar mulai paruh kedua tahun 2024.

Pengumuman ini dilakukan pada acara di Las Vegas, Senin, 20 Mei dengan tujuan mempertahankan momentum di pasar server AI yang menguntungkan dan mempersiapkan pemulihan pasar PC tahun ini setelah penurunan pesanan pascapandemi.

PC berkemampuan AI dari Dell akan dilengkapi dengan chip Snapdragon X series dari Qualcomm yang memiliki unit pemrosesan neural (NPU) yang didedikasikan untuk memproses tugas-tugas AI yang kompleks. Dua dari lima PC baru dapat dipesan mulai Senin, sementara sisanya akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Peluncuran ini bertepatan dengan acara tahunan Build dari Microsoft, di mana CEO Microsoft, Satya Nadella memperkenalkan PC "Copilot+" yang melibatkan Dell, Qualcomm, Intel, dan Advanced Micro Devices (AMD) sebagai mitra pembuatnya.

Saham Qualcomm naik hampir 2% mencapai rekor tertinggi sementara saham Dell turun sekitar 2,6%.

Selain itu, Dell juga meluncurkan server terbaru yang kompatibel dengan chip Blackwell dari Nvidia. Server baru ini menawarkan teknologi pendingin cair, berbeda dengan pendingin udara yang cenderung mengkonsumsi lebih banyak daya. Arthur Lewis, presiden grup solusi infrastruktur Dell, mengatakan bahwa server berbasis Nvidia dari Dell adalah produk dengan peningkatan tercepat dalam sejarah perusahaan.

Pengeluaran untuk server AI diperkirakan akan melampaui  33 miliar dolar AS (Rp529 triliun) pada tahun 2024, menurut firma riset International Data Corporation (IDC). Dengan jumlah pengeluaran yang signifikan muncul dari perusahaan kecil yang masih dalam tahap awal mengadopsi teknologi baru, Lewis mengatakan Dell tidak mengharapkan investasi AI akan secara signifikan mempengaruhi pengeluaran perusahaan untuk server tradisional.

Hal ini berbeda dengan pasar yang lebih luas yang telah melihat permintaan yang tidak pasti untuk server tradisional saat perusahaan memprioritaskan pengeluaran untuk server AI yang cepat.

Dell akan melaporkan pendapatan kuartalan pada 30 Mei, dengan analis mengharapkan PC dan server AI akan membantu permintaan untuk produk perusahaan.