Punya Perwakilan di Amsterdam, BNI Sebut Nasabahnya Mayoritas Pelaku Usaha Makanan

AMSTERDAM - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui kantor perwakilan atau Representative Office (RO) di Amsterdam, Belanda hadir untuk mencarikan solusi keuangan bagi diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Direktur Human Capital & Compliance BNI, Mucharom mengatakan Eropa punya potensi bisnis diaspora Indonesia sangat tinggi. Khusus di Belanda sendiri, potensinya 10 persen dari total penduduk negara tersebut.

“Representative Office BNI di Amsterdam hadir untuk memberikan pendampingan yang menyeluruh bagi para diaspora,” katanya ditemui di BNI Amsterdam, Belanda, ditulis Sabtu, 18 Mei.

Saat ini, sambung Mucharom, BNI di Amsterdam secara aktif menyalurkan Diaspora Loan yang fokus menyasar para diaspora yang membuka bisnis di luar negeri. Dia pun berharap ke depannya akan semakin ditingkatkan.

Lebih lanjut, Mucharom menjelaskan bahwa debitur Diaspora Loan BNI di Belanda didominasi oleh usaha kuliner Indonesia.

“Nah selama beroperasi dari 2022, tahun ini memang yang kita lihat potensi pertama yang kita lihat adalah makanan. Jadi profile nasabah-nasabah kita, debitur selama dua tahun terakhir hari ini lebih banyak terkait makanan,” tuturnya.

Misalnya, sambung Mucharom, Warung Padang Lapek Jo, hingga Restoran Nona Manis. Mucharom menjelaskan bahwa semua restoran tersebut menyajikan masakan Indonesia di negeri kincir angin itu.

“Misalnya ada kita support untuk diaspora loan untuk rumah makan Padang di Den Haag, Lapek Jo, kemudian kita juga support rumah makan lagi Restoran Nona Manis, ada juga Restoran Lestari,” jelasnya.

Tak berhenti disitu, Mucharom juga bilang BNI mengintegrasikan Diaspora Loan dengan program Xpora guna mempermudah restoran-restoran tadi mendapat bahan baku serta menu sampingan dari Indonesia.

“Salah satu mitra Xpora di Belanda yaitu Nesia Food merupakan perusahaan importir berbagai bahan makanan dari Indonesia, termasuk dari para debitur UMKM BNI. Nesia Food telah menjadi supplier gula aren, bumbu dapur, sayuran beku, hingga berbagai macam kerupuk dari restoran-restoran debitur BNI,” ujar dia.