Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Bank Negara Indonesia (BNI) menjalin kerja sama dalam bidang penyediaan dan pemanfaatan layanan jasa perbankan di Nusantara, Kalimantan Timur.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya berharap kerja sama itu mendorong BNI untuk semakin mendukung kemunculan pengusaha di 47 tower hunian ASN di IKN.

"Kita juga ingin BNI dengan nasabahnya itu, juga mampu menggiring para nasabahnya yang punya bisnis untuk mengisi ruang-ruang yang perlu diisi pengusaha dari berbagai segmen," ujar Jaka di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa 21 Mei.

Di 47 tower hunian ASN tersebut, Jaka berharap agar BNI dapat menyediakan layanan perbankan di tower lantai 1 dan 2.

"Di setiap tower lantai 1 dan 2 itu diisi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial termasuk jenis-jenis usaha yang biasa diperlukan di sebuah apartemen seperti laundry, convenience store, dan seterusnya," ujarnya.

Jaka menyampaikan apresiasinya kepada BNI. "BNI ini termasuk satu institusi yang mendukung Otorita IKN dan pembangunan Nusantara paling awal," tuturnya.

Ia mencontohkan lahirnya logo Nusantara berbentuk Pohon Hayat dipilih melalui sayembara dan disponsori oleh BNI.

"Ini sesuatu yang luar biasa karena ini adalah logo Kota Nusantara. Dengan dukungan BNI kita bisa mendapatkan suatu logo yang hasilnya luar biasa," ujar Jaka.

OIKN dan BNI sepakat menandatangani nota kesepahaman dalam hal penyediaan dan pemanfaatan produk layanan jasa perbankan di Otorita IKN.

MoU tersebut ditandatangani oleh Jaka Santos dan Direktur Network and Services BNI Ronny Venir di Jakarta, Senin 20 Mei.

Direktur Network and Services BNI Ronny Venir mengungkapkan bahwa BNI berharap dapat berpartisipasi penuh di berbagai layanan perbankan di IKN.

"BNI akan hadir dan memperlihatkan bahwa IKN sebagai kota masa depan sudah digital semua," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap bahwa kerja sama ini tidak hanya selesai di meja tanda tangan.

"Kami akan tindak lanjuti apa yang bisa kerjakan, sehingga kerja sama ini terimplementasi dan tereksekusi dengan baik," katanya.

Sebelumnya, pada 29 Februari 2024, BNI telah melakukan groundbreaking gedung BNI di Mini Financial Centre yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, yang rencananya akan dibangun kantor layanan digital, ATM drive thru dan kantor transit untuk direksi dan karyawan BNI.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung persiapan pemindahan ibu kota negara, yang mana kantor layanan digital dan ATM drive thru itu akan dapat memberikan pelayanan dan menyediakan produk perbankan bagi para ASN serta penduduk di Nusantara.