Pantangan Diet Golongan Darah O, Hindari 5 Jenis Makanan ini

JAKARTA - Golongan darah O disebut berjiwa sosial, sebab dapat mendonorkan darah ke golongan darah lainnya. Jika Anda bergolongan darah O dan sedang menjalankan program diet, maka perlu menghindari sejumlah makanan.

Efeknya dapat membua diet penurunan badan gagal, sebab daftar makanan pantangan justru membikin gemuk untuk golongan darah O.

Diet berdasarkan golongan darah telah dicetuskan oleh Dr. Peter J. D’Adamo bertahun-tahun yang lalu. Meski banyak menerima kritik karena tidak cukup bukti ilmiah, kebanyakan orang menjalankan diet berdasarkan anjuran dalam bukunya dan tak mengalami masalah kesehatan.

Simak daftar jenis makanan apa saja yang pantang dikonsumsi oleh golongan darah O di bawah ini.

Makanan mengandung karbohidrat

Faktanya golongan darah O termasuk paling banyak makanan yang cocok dibanding golongan darah lain. Kelompok golongan darah O adalah ‘pemburu’ yang cocok mengkonsumsi berbagai makanan.

Sejak zaman purba, kelompok pemburu ini bisa memakan semua hasil perburuan. Mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, dan karbohidrat. Tetapi buat orang yang bergolongan darah O disarankan diet rendah karbohidrat.

Ini terkait dengan sistem pencernaan golongan darah ini yang lebih mudah mencerna serat dari daging dibanding makanan karbohidrat. Roti-rotian dan makanan lain yang mengandung karbohidrat membikin gemuk golongan darah O. Sarannya, batasi konsumsi karbohidrat agar berat badan tetap terkontrol.

Hindari makanan dari ikan jenis tertentu

Ikan yang perlu dihindari antara lain, lele, kaviar, gurita, barakuda dan kerang. Karena golongan darah O memiliki fungsi kelenjar tiroid yang tidak stabil maka untuk menjaganya tetap bekerja sesuai fungsi dan tidak mengganggu kesehatan hindari banyak mengkonsumsi daftar ikan di atas.

Bayam, kol dan terong

Bayam, kol, terong, kentang, kecambah dan jamur bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi golongan darah O. Sayuran tersebut bisa memicu beberapa penyakit, seperti penyakit tiroid, pembekuan darah dan masalah pencernaan.

Ilustrasi sayur segar (Unsplash/Dimitri Houtteman)

Golongan darah O tidak boleh makan jagung atau makanan lain yang tinggi kandungan lektin. Bagi golongan darah ini, lektin dapat menghambat produksi insulin. Efeknya, glukosa darah tak terproses sempurna dan menumpuk.

Kurangi produk susu

Jika sedikit saja, menurut saran dokter D’Alamo masih boleh. Produk susu seperti mentega, keju kambing, keju mozzarella bisa menyebabkan persoalan dalam kesehatan orang yang bergolongan darah O.

Camilan apa yang boleh untuk golongan darah O?

Saran dokter penggagas diet golongan darah, golongan darah O perlu menghindari camilan yang mengandung gula halus, ekstrak buah, buah melon dan kiwi. Untuk camilan, pilih sayuran dan buah-buahan lainnya. Dapat juga nyemil kacang-kacangan dan menghindari makanan mengandung gluten.