Saran dan Pantangan Makanan untuk Diet Golongan Darah O Disertai dengan Cara dan Manfaatnya
Ilustrasi makanan untuk diet (The Lazy Artist/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Diet golongan darah O harus dilakukan sesuai ketentuan. Hal itu dilakukan agar hasilnya lebih maksimal sehingga kesehatan lebih terjaga. Pada dasarnya cara diet yang dilakukan oleh darah O sama seperti diet pada umumnya, hanya saja ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan.

Saran Makanan saat Diet Golongan Darah O

Tahukah Anda bahwa pencetus metode diet berdasarkan golongan darah salah satunya adalah Dr. Peter D'Adamo. Ia merupakan seorang dokter naturopati. Menurutnya, untuk golongan darah O dianjurkan menghonsumsi makanan yang mengandung protein namun rendah karbohidrat. Adapun makanan yang dianjurkan untuk pemilik golongan darah O adalah sebagai berikut.

  • Daging atau makanan yang mengandung daging, baik dari unggas atau sapi.
  • Makanan laut atau seafood, misalnya ikan cakalang, udang, kepiting, cumi, dan sebagainya.
  • Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, sawi, dan masih banyak lagi.
  • Buah-buahan segar misalnya pisang, apel, semangka, dan sebagainya.
  • Minyak zaitun sebagai campuran makanan.

Pantangan saat Diet Golongan Darah O

Mengutip situs Alodokter, bagi Anda yang memiliki darah O dan sedang melakukan program diet, ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dibatasi. Artinya ada pantangan diet untuk golongan darah O yakni sebagai berikut.

  • Kacang-kacangan
  • Makanan tinggi karbohidrat seperti beras, gandum, dan jagung
  • Produk berbahan dasar susu seperti yoghurt, keju, mentega)
  • Minuman yang mengandung kafein
  • Minuman yang mengandung alcohol
  • Membatasi makanan atau minuman yang tiggi gula saat diet

Cara Diet Golongan Darah O

Cara diet untuk golongan darah O sebenarnya mudah karena fokus pada jenis makanan yang dikonsumsi. Contohnya, Anda mengatur menu makanan tiga kali sehari dalam seminggu. Adapun menu makanan yang bisa dicoba adalah sebagai berikut.

  1. Menu Sarapan

Menu sarapan untuk diet golongan darah O bisa menggunakan buah seperti pisang, pir, atau kiwi. Anda bisa menjadikan menu buah untuk sarapan paling banyak dua kali seminggi. Setelah itu pilih sumber protein lain seperti daging non-lemak.

    2. Menu Makan Siang

Menu makan siang untuk golongan darah O bisa menggunakan sayur hijau seperti brokoli, dan sebagainya. Gunakan tambahan minyak zaitun untuk memperkaya kandungan gizinya.

    3. Menu Makan Malam

Konsumsi makanan seafood segar yang dipanggang atau dikukus. Adapun seafood yang bisa dipilih seperti kakap merah, udang, makarel, salmon, dan sebagainya. Anda bisa mencampurnya dengan sayuran sehat sebagai pelengkap.

Manfaat Diet Golongan Darah O

Diet memang jadi salah satu cara untuk menjaga Kesehatan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Secara umum berikut manfaat diet golongan darah O.

  1. Menjaga Berat Badan

Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh pelaku diet, khususnya pemilik golongan darah O. Menjaga berat badan akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

  1. Memperkecil Risiko Diabetes

Diet ini pada dasarnya membatasi makanan yang mengandung karbohidrat, sehingga risiko terkena diabetes tipe 2 lebih kecil. Selain itu kandungan gula darah juga akan terjaga asal memperhatikan asupan makanan.

Itulah informasi terkait diet golongan darah O. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.