4 Tewas dan Ribuan Rumah Mati Listrik Imbas Puting Beliung di Texas

JAKARTA - Sedikitnya empat orang tewas dan ratusan ribu rumah serta tempat usaha mati listrik di Texas ketika puting beliung menghantam wilayah Houston.

Mengutip NBC News, cuaca ektrem ini muncul bersamaan dengan hujan lebat, angin kencang disertai puting beliung pada Kamis 16 Mei malam waktu setempat.

Kepala Pemadam Kebakaran Houston Samuel Peña mengatakan, dari korban tewas dua tertimpa pohon tumbang, satu orang mengalami kecelakaan kendaraan, dan satu lagi tidak dijelaskan penyebab menginggal.

Di Harris County, Houston, sekitar 782.000 rumah dan tempat usaha mati listrik sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Poweroutage.us melaporkan 880.000 orang terdampak mati listrik saat puting beliung terjadi.

Sedangkan di seluruh negara bagian Texas, mati listrik dialami sekitar 904.000 pelanggan hingga Jumat 17 Mei pagi.

Cuaca ektrem ini juga membuat jalan-jalan kebanjiran dan sejumlah kaca jendela di gedung-gedung pusat kota pecah.

Sejumlah jalan yang tidak terendam juga tidak dapat diakses lantaran tertutup puing -puing, kabel listrik dan pohon tumbang

Wali Kota Huston John Whitmire mengatakan telah mengarahkan tim untuk membantu warga terdampak. Tim itu sudah bergerak sejak semalam untuk membersihkan puing-puing dan membuat kondisi lebih aman.

Dia menyebutkan angin kencang mencapai 80-100 mil per jam dan meminta warganya yang masih bertahan di rumah tidak bepergian.

Akibat dari cuaca ektrem ini, sekolah-sekolah di Houston juga terpaksa diliburkan.