MIliki Pabrik Berstandar Internasional, Alva Buka Opsi Ekspor Motor Listrik

JAKARTA - Alva telah menunjukkan eksistensinya di industri kendaraan listrik nasional sejak 2022 lalu dengan menghadirkan produk seperti One, Cervo, dan One XP. Cukup dikenal sebagai produsen kendaraan lokal, perusahaan berniat untuk perluas pasarnya hingga ke luar negeri.

Chief Marketing Officer Alva Putu Yudha, mengatakan pihaknya telah memiliki pabrik yang dapat memasuki pasar internasional sehingga memudahkan perencanaan dalam menjangkau negara lain.

“Rencana itu ada. Pada sisi manufaktur kita mendapatkan ISO 9001 sama ISO 14001, yang di mana kualitas saat ini jadi salah satu syarat untuk masuk pasar internasional,” kata pria yang akrab disapa Adit saat acara bareng media di Bintaro, Tangerang, Kamis, 16 Mei.

Ia juga menjelaskan, Alva berencana untuk menjangkau banyak negara di pasar internasional. Namun sebagai langkah awal, pabrikan yang berada di bawah payung PT Ilectra Motor Group ini ingin menjajaki wilayah terdekat terlebih dahulu seperti Asia Tenggara.

“Maunya sih sebanyak mungkin negara. Tapi, mungkin yang terdekat dulu seperti Asia Tenggara,” jelas Putu.

Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group Purbaja Pantja, menambahkan akan melakukan berbagai cara agar rencana ekspor terealisasi. Tetapi, saat ini ia belum bisa pastikan waktu yang tepat untuk memulai kegiatan ekspor.

“Bisa ekspor langsung nanti kita kerja sama dengan distributor dan lainnya, ini sebenarnya hal-hal yang lagi kita coba finalkan. Untuk sekarang saya belum bisa menyampaikan terlalu banyak bahwa ini jadi satu bagian penting di perjalanan kami, kalau misalnya motor-motor kami bisa mengaspal di negara lain,” tambah Purbaja.

Saat ini, produsen lokal ini menjual model seperti One dengan harga Rp29,4 juta, kemudian Cervo senilai Rp35,7 juta, dan One XP dengan banderol Rp38,5 juta. Semua harga termasuk On The Road DKI Jakarta.