Elon Musk Akan Datang ke Indonesia Saat Peluncuran Starlink

JAKARTA – SpaceX, perusahaan kedirgantaraan AS akan meluncurkan layanan Starlink di Indonesia pada Minggu, 19 Mei mendatang. Kabarnya, Elon Musk selaku pemilik SpaceX akan hadir dalam peresmian Starlink.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi langsung kabar tersebut. Dikutip dari Reuters, Luhut mengatakan bahwa Musk akan ikut meluncurkan layanan Starlink di Bali bersama Presiden Joko Widodo.

Selain meresmikan layanan Starlink, Musk juga akan hadir di Forum Air Dunia ke-10 yang akan digelar selama lebih dari seminggu di Bali, mulai tanggal 18 hingga 25 Mei mendatang. Musk akan menjadi salah satu pembicara di forum tersebut.

Kehadiran Elon Musk dalam peresmian layanan satelit SpaceX juga dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi Budi Arie Setiadi. Kepada Reuters, Budi mengatakan bahwa Musk akan menandatangani perjanjian konektivitas untuk sektor kesehatan.

Penandatanganan perjanjian Starlink ini akan digelar di salah satu klinik yang ada di Denpasar. Meski dua menteri dari Kabinet Indonesia Maju sudah mengonfirmasi kedatangan Musk, pihak SpaceX belum memberikan pernyataan apa pun.

Sejak akhir tahun lalu, kabar tersedianya Starlink di Indonesia sudah tersebar. Banyak yang menanti kedatangan layanan tersebut, tetapi saat itu Starlink belum boleh beroperasi di Indonesia karena SpaceX belum mau mengikuti regulasi yang berlaku.

Dengan diizinkannya layanan Starlink untuk beroperasi, sudah dapat dipastikan bahwa SpaceX dan pemerintah telah mencapai kesepakatan. SpaceX pun sudah diizinkan untuk menawarkan layanan satelitnya ke masyarakat di Indonesia.