Bantu Penyandang Disabilitas, Apple Akan Luncurkan Fitur Live Captions di Vision Pro

JAKARTA – Menyambut Hari Kesadaran Aksesibilitas, Apple mengatakan bahwa perusahaannya akan meluncurkan berbagai fitur aksesibilitas terbaru. Salah satu fitur yang akan diluncurkan adalah Live Captions di Vision Pro.

Live Captions atau Teks Langsung dirancang untuk para penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran. Fitur yang bekerja secara real-time ini akan muncul sebagai teks otomatis yang dihasilkan dari percakapan di sekitar penggunanya.

Fitur ini akan ditambahkan ke dalam FaceTime, aplikasi panggilan video buatan Apple, sehingga penyandang tuna rungu atau penderita gangguan pendengaran bisa berinteraksi dengan lawan bicara tanpa ada kendala.

Dijelaskan di siaran resminya, Apple mengatakan bahwa kemampuan baru ini bisa ditampilkan dalam bentuk bilah jendela jika fitur Immersive Video diaktifkan. Selama panggilan berlangsung, pengguna juga bisa menggunakan alat bantu dengar tambahan dari iPhone.

Selain Live Captions, masih banyak fitur aksesibilitas lainnya yang Apple tambahkan untuk membantu para penyandang disabilitas. Bagi orang yang akan kehilangan suaranya, mereka bisa menggunakan fitur Personal Voice untuk merekam suara asli mereka.

Selain itu, ada fitur Live Speech yang bisa digunakan oleh pengguna yang tidak bisa bicara. Bagi penyandang tuna netra, Apple juga meluncurkan beberapa fitur seperti VoiceOver untuk mengontrol perangkat dan Input Layar Braille untuk mengontrol dan mengedit teks.

Pengguna yang memiliki gangguan penglihatan bisa menggunakan fitur Kaca Pembesar untuk memudahkan pembacaan teks, Hover Typing untuk mengetik di bidang teks yang dipersonalisasi, dan fitur Dim Flashing Lights untuk menghindari cahaya terang.