Cara Cepat Membagikan Bookmark dari Google Chrome

JAKARTA – Semua browser, termasuk Google Chrome, bisa menyimpan situs web melalui fitur Bookmark. Sayangnya, situs web yang disimpan tidak bisa dibagikan secara cepat dan harus menggunakan cara manual.

Jika Anda ingin membagikan situs web yang sudah Anda Bookmark, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengekspor hingga menyalin URL. Masing-masing cara ini bisa diterapkan di desktop atau ponsel Android.

Mengutip dari Android Police, Anda bisa membagikan Bookmark yang ada di Chrome dengan cara mengekspor dalam bentuk file. Pertama, buka aplikasi Chrome, klik ikon titik tiga vertikal vertikal di sudut kanan atas layar, lalu klik Bookmark.

Selanjutnya, ketuk Bookmark Manager dan tekan pintasan keyboard Control + Shift + O untuk Windows atau Command + Option + B untuk macOS. Pilih titik tiga vertikal lagi di sudut kanan atas, kemudian pilih Ekspor Bookmark.

Berikutnya, Anda bisa membagikan Bookmark dengan cara menyalin URL. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Pengelola Bookmark di bagian atas Chrome, lalu tekan pintasan keyboard Shift + Ctrl atau Command sambil menekan Bookmark yang ingin diekspor.

Setelah itu, klik kanan pada penanda yang dipilih dan pilih opsi Salin. Jika sudah mengetuk opsi tersebut, buka situs web atau aplikasi email yang Anda gunakan, tempelkan Bookmark ke dalam badan email, lalu kirim emailnya kepada jika alamat penerima sudah dimasukkan.

Jika Anda ingin membagikan Bookmark melalui aplikasi Chrome di ponsel Android, Anda bisa mengetuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan membuka menu Bookmark. Saat halaman Bookmark terbuka, pilih Bookmark yang ingin dibagikan.

Kemudian, ketuk titik tiga di samping Bookmark yang Anda pilih dan ketuk opsi Edit. Saat halaman pengeditan Bookmark terbuka, salin URL yang terlihat di layar, lalu bagikan. Anda bisa mengirimkan URL yang sudah disalin melalui aplikasi perpesanan apa pun.