TikTok Menguji Sorotan Hasil Pencarian Menggunakan ChatGPT

JAKARTA – TikTok sedang menguji fitur Sorotan Pencarian AI di halaman penelurusan. Fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) generatif ini akan merangkum isi dari berbagai video dan menjadikannya sebagai sorotan.

Fitur Sorotan Pencarian AI akan muncul saat pengguna mencari suatu topik di kotak penelurusan. Fitur ini terlihat di bagian atas video, tepatnya di bawah kotak penelusuran, dan perlu diklik untuk melihat keseluruhan dari hasil rangkumannya.

Hasil pencarian berbasis AI ini bisa digunakan untuk mencari tahu tentang laptop terbaik tahun ini atau resep makanan yang diinginkan. Jika pengguna mencari resep makanan, mereka akan mendapatkan penjelasan dalam bentuk tahapan pembuatan.

Halaman dari fitur Sorotan Pencarian AI menjelaskan bahwa materi tersebut didukung oleh ChatGPT buatan OpenAI. Sedangkan di bagian bawah hasil penelusuran AI, TikTok akan menampilkan video yang dianggap relevan oleh sistem algoritma.

"Al Smart Search (dalam fitur Sorotan Pencarian) memberikan jawaban ChatGPT atas permintaan pencarian. Algoritma TikTok menampilkan jawaban-jawaban ini jika dianggap relevan dengan pencarian Anda," jelas TikTok, mengutip dari The Verge.

Mengingat fitur ini masih diuji, hasil penelusurannya masih sangat terbatas sehingga tidak semua topik menampilkan hasil penelusuran berbasis AI. TikTok pun menjelaskan bahwa, "Kesalahan seperti jawaban yang tidak akurat atau tidak relevan terkadang dapat terjadi."

TikTok juga memiki fitur serupa yang diberi label sebagai buatan AI di bagian atas hasil pencarian, tetapi tidak jelas apakah fitur tersebut juga ditenagai oleh ChatGPT atau diambil dari rangkuman video. Sama seperti Sorotan Pencarian AI, fitur ini tidak selalu muncul.

Belum diketahui dengan pasti kapan fiturnya akan dirilis ke versi publik karena TikTok belum memberikan pernyataan resmi. Namun, perusahaan itu memang sedang mengembangkan beberapa fitur terbaru, salah satunya adalah penelusuran topik ke Google Search.