4 Cara agar Video Story WA Tidak Buram atau Pecah-Pecah

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda mengunggah video ke story WhatsApp namun hasilnya buram atau tidak jernih? Hal ini juga dikeluhkan oleh banyak pengguna WA ketika membagikan konten video melalui fitur story. Namun jangan bingung, ada cara agar video story WA tidak buram.

Setiap pengguna WA pastinya ingin membagikan momen atau pengalamannya melalui konten video yang terlihat jernihnya. Sayangnya beberapa kondisi membuat video yang terunggah di story WA tampak buram atau menjadi ngeblur berbeda dengan aslinya. 

Kondisi ini tentunya bikin kesal sendiri dan bingung mengenai penyebabnya. Ketika kualitas video yang terunggah di story WA terlihat buram maka berarti size filenya terkompres menjadi lebih kecil. Lantas bagaimana cara agar video story WA tidak buram dan bisa terlihat secara jelas?

Cara agar Video Story WA Tidak Buram

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengunggah video di story WA agar hasilnya maksimal. Platform WhatsApp memiliki pengaturan khusus yang akan menyesuaikan atau fit in size video sebagaimana format dari mereka. 

Apabila ukuran atau format video  yang diposting terlalu besar, maka apllikasi WA akan secara otomatis mengurangi size filenya. Hasilnya, video yang diunggah pun menjadi terlihat tidak jernih atau ngeblur. Selain itu, jaringan yang tidak stabil juga bisa menyebabkan video story WA menjadi buram.

Supaya unggahan video bisa jernih atau tampak jelas, berikut ini beberapa cara agar video story WA tidak buram:

Mengubah Settingan WhatsApp di Perangkat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah settingan WA di perangkat. Anda sebagai pengguna perlu mengubah kualitas media upload di WA untuk diatur dalam kualitas terbaik. Berikut ini tutorial mengubah settingannya. 

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik titik tiga di sudut kanan atas.
  2. Lanjut ke menu pengaturan, kemudian pilih opsi "Data dan Penyimpanan".
  3. Gulir ke bawah, lalu klik bagian "Kualitas Media Upload".
  4. Anda bisa memilih opsi kualitas story yang dibutuhkan. Bisa pilih "Auto Upload / Opsi Rekomendasi".
  5. Pilih opsi "Kualitas Terbaik" supaya video yang diunggah di story WA tidak buram.

Mengirimkan ke Pengguna dan Diteruskan ke Story WA

Cara lain yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengirimkan ke pengguna lain kemudian diteruskan sebagai story WA. Memang belum banyak yang mengetahui trik yang satu ini. Berikut langkah-langkah untuk melakukan cara ini:

  1. Silakan memilih video yang ingin diupload atau diposting sebagai story WA.
  2. Kemudian pilih share ke aplikasi WhatsApp.
  3. Memilih pengguna atau teman sebagai penerima videonya.
  4. Jika video sudah dibagikan ke kontak WA teman, silakan buka room chat Anda dengannya. 
  5. Selanjutnya pilih video tadi, kemudian bagikan atau teruskan ke "Status Saya".
  6. Upload dengan meng-klik ikon panah.

Gunakan Koneksi Internet yang Cenderung Stabil

Saat akan mengunggah konten video ke story WA, pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil. Proses unggah video membutuhkan sambungan internet yang berjalan dengan lancar. Apabila internet cenderung lambat atau tersendat maka hasil unggahan video bisa menjadi buram atau tampak pecah. 

Merekeman dari Fitur Video Story WA Langsung

Cara paling aman supaya video story WA tidak buram adalah dengan merekam langsung dari fitur ini. Aplikasi WA menyediakan fitur story WA yang memungkinkan pengguna membuat status secara langsung baik dalam bentuk teks, foto, maupun video. 

Langkah-langkahnya pun seperti proses membuat story WA biasanya. Anda tinggal mengetuk atau klik icon kamera di bar status WA. Kemudian akan ditampilkan bukaan kamera ponsel Anda, yang bisa diatur kamera depan maupun belakang. Selanjutnya tinggal menahan tombol lingkaran di bagian bawah untuk merekam video. Setelahnya Anda tinggal memposting video tersebut menjadi story WA.

Demikianlah beberapa cara agar video story WA tidak buram yang bisa Anda terapkan. Jika Anda ingin mengunggah konten video melalui fitur story, sebaiknya lakukan langkah-langkah di atas agar hasilnya tampak maksimal atau jernih. Baca juga cara download reels Instagram dengan audio