Tokyo Luncurkan Tur Toilet Umum yang Direnovasi untuk Berikan Pengalaman Unik

JAKARTA - Tur ke toilet umum yang telah direnovasi di Daerah Shibuya, Tokyo, Jepang diluncurkan pada Bulan Maret untuk menghilangkan persepsi tradisional, fasilitas tersebut kotor dan bau, sehingga memberikan pengunjung dari dalam dan luar negeri sebuah lensa unik untuk melihat kota tersebut.

Sebanyak 17 toilet umum telah didesain ulang oleh arsitek terkemuka di bawah proyek The Tokyo Toilet, mengubah ruang yang sering terbengkalai menjadi bangunan yang lebih aman dan modis.

“Banyak orang yang mengikuti tur ini tertarik dengan arsitektur,” kata Yumiko Nishi, manajer PR asosiasi pariwisata di kawasan tersebut, yang menyelenggarakan tur menggunakan minivan antar-jemput, dikutip dari Kyodo News 1 Mei.

Meskipun tur ini masih dalam tahap awal, minat dari pengunjung luar negeri telah mulai meningkat, tambah Nishi, seraya mengungkapkan harapan tur ini akan menjadi lebih populer di masa depan.

Meskipun sebagian besar tur dilakukan dalam bahasa Jepang, proyek ini telah dipromosikan dalam pamflet dan situs web berbahasa Inggris serta pameran foto di ibu kota Jepang.

Toilet umum di Tokyo, Jepang. (Wikimedia Commons/Syced)

Arsitek yang terlibat dalam proyek ini termasuk Kengo Kuma, yang terkenal dengan Stadion Nasional yang digunakan untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada musim panas 2021, dan Toyo Ito, pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker yang diakui untuk Teater Nasional Taichung di Taiwan.

Peserta lain tertarik karena tertarik melihat lokasi yang ditampilkan dalam film nominasi Oscar "Perfect Days", yang mengikuti kehidupan sederhana seorang pembersih toilet umum di Tokyo yang diperankan oleh Koji Yakusho, kata Nishi.

Fasilitas tersebut antara lain "Tiga Jamur" milik Ito, yang dibuat menyerupai jamur yang tumbuh dari hutan di sekitar kuil Yoyogi-Hachiman, di kaki lokasinya.

Toilet umum di Tokyo, Jepang. (Wikimedia Commons/Syced)

Proyek ini didirikan oleh Nippon Foundation nirlaba dan Koji Yanai, seorang eksekutif di Fast Retailing Co., operator jaringan pakaian Uniqlo.

Fasilitas pertama dalam proyek ini dibuka untuk umum pada tahun 2020 dan penambahan terakhir pada tahun lalu. Toilet dibersihkan tiga kali sehari dan menjalani pemeriksaan rutin.

Tur ini dibagi menjadi dua bagian, rute timur dan barat yang diadakan secara bersamaan pada hari Kamis dan Sabtu mulai pukul 10 pagi dan 14 siang. Tarifnya 4.950 yen per orang. Tur ini berlangsung selama sekitar dua jam, dan peserta diperbolehkan menggunakan fasilitas tersebut.

"Rute barat sedikit lebih populer karena mencakup banyak karya arsitek terkenal dan merupakan area yang kurang terkenal di lingkungan tersebut," terang Nishi.

Rute tersebut mencakup karya Shigeru Ban, yang merupakan satu-satunya arsitek yang menyumbangkan dua fasilitas terpisah. Kamar mandi berwarna-warni dan transparan yang berubah menjadi buram saat dikunci mungkin termasuk yang paling terkenal.

Desain Ban dibuat untuk menghilangkan ketakutan di sekitar toilet umum, terutama apakah ada seseorang yang sudah berada di dalam atau bersembunyi di dalamnya, kata Nishi.

Shinobu Kojima, salah satu peserta tur rute barat, mengatakan favoritnya adalah toilet Sou Fujimoto, fasilitas berwarna putih cerah yang terletak di area Nishisando, karena "lengkungannya yang lembut".

Beberapa keran di depan toilet ditempatkan pada satu kemiringan yang lembut pada tingkat yang berbeda, sehingga orang-orang dari segala usia dapat mencuci tangan secara bersamaan dan dengan mudah.