Google Luncurkan ChromeOS M124, Ini Deretan Fitur Terbarunya

JAKARTA – Seluruh pengguna Chromebook bisa memperbarui perangkat mereka dalam waktu dekat. Diumumkan dari Pusat Bantuan Chromebook, Google telah meluncurkan ChromeOS M124 ke beberapa pengguna.

Meski sudah dirilis, sistem operasi (OS) terbaru ini sedang diluncurkan secara bertahap. Anda harus menunggu selama beberapa hari untuk mendapatkan pembaruan sistemnya. Jika OS terbarunya tidak kunjung muncul, perangkat Anda mungkin tidak kompatibel.

Sama seperti versi sebelumnya, ChromeOS M124 memiliki beberapa fitur baru yang bisa digunakan oleh beberapa penggunanya. Kali ini, Google menambahkan empat fitur baru yang mempercepat alur kerja dan penggunaan Chromebook.

Fitur pertama yang ditambahkan adalah Pengaturan Layar Terpisah. Fitur ini akan membantu Anda dalam mengatur tata letak jendela secara cepat. Fitur ini berfungsi saat Anda menggunakan mode Split Screen atau membuka beberapa jendela sekaligus.

"Dengan Layar Terpisah Lebih Cepat, setelah Anda mengunci jendela di satu sisi, Anda dapat memilih jendela yang sudah terbuka dari Ikhtisar untuk dijepret ke sisi lainnya, atau memilih sesuatu dari rak (deretan aplikasi terletak di bagian bawah layar Anda)," jelas Google.

Selanjutnya, Google meluncurkan fitur Kualitas Kontrol (QoS) 15 WiFi untuk memastikan bahwa jaringan konektivitasnya padat. Ada juga fitur Fast Pair untuk menghubungkan mouse ke Chromebook, tetapi mouse yang digunakan harus kompatibel dengan fiturnya.

Terakhir, Google menghadirkan kemampuan memperbesar kursor di ChromeOS M124. Fitur ini berguna bagi para pemakai Chromebook yang memiliki masalah penglihatan, khususnya bagi guru yang ingin membuat bahan presentasi atau pekerjaan lainnya.