Inilah Toyota Land Cruiser FJ40 dengan Jantung Tesla Seharga Rp4 Miliar

JAKARTA - Usai berhasil mengkonversi Range Rover klasik bertenaga listrik, pabrikan modifikasi asal Inggris Inverted, baru saja menghadirkan proyek terbaru Toyota Land Cruiser FJ40 listrik. 

Mobil off-road legendaris dari tahun 60-an yang juga banyak beredar di Indonesia ini mendapatkan mesin listrik dan proses restorasi menyeluruh, serta menawarkan banyak pilihan bagi calon pembeli.

Menurut laporan Carscoops, dikutip 3 Mei, Inverted kini melengkapi Land Cruiser FJ40 diganti dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 215 hp dan torsi 339 Nm. Menariknya, pengemudi tetap bisa menggunakan transmisi manual, namun dengan perpindahan gigi yang lebih halus dan tingkat torsi yang bisa disesuaikan. Pengendaraan roda 2WD dan 4WD pun masih bisa dipilih, bahkan dengan opsi differential locker elektrik.

Nah, bagi konsumen yang menginginkan Land Cruiser FJ40 dengan tenaga lebih besar, tersedia pilihan motor listrik Tesla berkekuatan 320 hp dan torsi 420 Nm. Namun, jika memilih opsi ini hanya dengan penggerak 4WD permanen dan menghilangkan transmisi manual.

Energi listriknya tersimpan dalam baterai 53 kWh, yang menjanjikan jarak tempuh hingga 241 km. Baterai ini kompatibel dengan pengisi daya CCS hingga 75 kW, sehingga pengisian dari 20 ke 80 persen bisa dilakukan dalam 25 menit.

Penampilan Klasik dengan Sentuhan Modern

Proses pengerjaan dimulai dengan membongkar sasis Land Cruiser hingga ke rangka. Setelah direstorasi total, barulah kemudian mesin listrik ditanamkan. Selama proses ini, konsumen bisa memilih spesifikasi yang diinginkan untuk eksterior dan interior.

Untuk bagian kabin dilapisi kulit Bridge of Weir yang mewah, serta dilengkapi konsol tengah custom dan karpet baru. Fasilitas pun dimodernisasi dengan kehadiran touchscreen infotainment dengan Apple CarPlay, audio Hi-Fi, kamera mundur, AC baru, dan lampu LED.

Land Cruiser listrik ini tersedia dalam versi short (FJ40), medium (FJ43), dan long wheelbase (FJ45). Konsumen juga bisa memilih berbagai macam body style, termasuk hardtop, soft top, station wagon, atau pickup, serta konfigurasi setir kiri dan kanan.

Toyota Land Cruiser FJ40 listrik dari Inverted jelas dibanderol mahal yaitu mulai dari 195.000 poundsterling per unit atau sekitar Rp3,9 miliar (belum termasuk pajak dan opsi tambahan).