Harga Bitcoin Melonjak Jelang Dibukanya Perdagangan ETF BTC dan ETH di Hong Kong

JAKARTA - Menjelang penutupan bulan April, harga Bitcoin Kembali menguat sebesar 2,83 persen selama 24 jam terakhir ke level 64.490 (Rp1,049 miliar) pada pada Selasa, 30 April pada pukul 08:00 WIB. 

Selain itu,  Altcoin memecoin juga ikut menguat dalam 24 jam terakhir, seperti BONK naik 6,59 persen, PEPE menguat 5,73 persen, dan WIF melonjak 5,65 persen. Secara keseluruhan, total kapitalisasi pasar Aset Kripto juga naik sebesar 0,75 persen. 

Pekan ini, komunitas kripto sangat menantikan acara industri penting karena Hong Kong siap meluncurkan perdagangan spot Bitcoin dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) hari ini, Selasa, 30 April 2024.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha mengatakan bahwa acara ini akan menandai tonggak sejarah lainnya dalam pengembangan produk investasi kripto dan ETF yang teregulasi di seluruh dunia, menyusul peluncuran bersejarah ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat pada Januari 2024 lalu.

Sementara, peristiwa ekonomi utama minggu ini akan berlangsung pada hari Rabu, 1 Mei, ketika The Fed dijadwalkan merilis pengumuman suku bunga terbarunya. Pelaku pasar memperkirakan bank sentral AS tidak akan mengubah fed funds rate dari kisaran tertinggi dalam dua dekade terakhir yaitu 5,25 persen menjadi 5,50 persen. 

“Kekhawatiran akan suku bunga AS yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama adalah beban terbesar pada Bitcoin dalam beberapa sesi terakhir, mengingat bahwa pasar aset kripto yang lebih luas biasanya mendapatkan keuntungan dari lingkungan dengan suku bunga rendah dan likuiditas tinggi,” kata Panji.