Teknologi Komunikasi Optik NASA Pecahkan Rekor Transmisi Data dengan Jarak 226 Juta Kilometer

JAKARTA – Deep Space Optical Communications (DSOC) milik NASA berhasil memecahkan rekor transmisi data dengan jarak terjauh. Rekor ini tercipta setelah DSOC terhubung dengan pesawat antariksa Psyche.

Kedua perangkat ini terhubung dan berinteraksi meskipun pemancar radio Psyche berada di jarak 226 juta kilometer, sekitar 1,5 jarak antara Bumi dan Matahari. Psyche pun berhasil mengirimkan salinan data yang kemudian diterima dengan baik oleh DSOC.

Rekor ini menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa bisa mengandalkan jaringan komunikasi optik. Berbagai wahana di luar angkasa bisa mengirimkan informasi ilmiah yang kompleks dalam jarak yang sangat jauh, tetapi dengan kecepatan data yang tinggi.

DSOC mampu mengirimkan data uji pada kecepatan maksimum 267Mbps dari laser downlink inframerah. Menurut Meera Srinivasan, Pimpinan Operasi Proyek Jet Propulsion Laboratory (JPL), kemampuan ini merupakan hal yang sangat penting bagi interaksi luar angkasa.

“Kami telah mengirimkan data pengujian dan diagnostik melalui downlink kami dari Psyche," kata Srinivasan. "Ini merupakan tonggak penting bagi proyek ini dengan menunjukkan bagaimana komunikasi optik dapat berinteraksi dengan sistem komunikasi frekuensi radio pesawat antariksa."

Pada 11 Desember lalu, Psyche berhasil terhubung dengan DSOC dalam waktu 15 detik. Semakin jauh jarak yang Psyche tempuh, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan. Puncak transmisi baru terjadi pada 8 April lalu dalam waktu sepuluh menit.

Demonstrasi teknologi Pysche dan DSOC menunjukkan bahwa transceiver mampu menerima data dari laser uplink. Eksperimen ini pun menunjukkan kemampuan yang tak kalah luar biasa, yaitu transmisi data digital pulang-pergi dalam jarak 450 kilometer.