Kerusakan Pada CPU dan Cara Mengatasinya: Tak Melulu Harus Ke Tukang Service

YOGYAKARTA - Kerusakan pada CPU dan cara mengatasinya memang dibilang sangat penting untuk diketahui, agar kita bisa memperbaikinya tepat sasaran dan tak menjalar kemana-mana. Selain itu juga bisa ngirit anggaran jika bisa kita perbaiki sendiri bukan? Yup, maka dari itu simak sampai selesai ya penjelasan di bawah ini!

Kerusakan Pada CPU dan Cara Mengatasinya

1. Komputer Kerap Alami Hang

Umumnya ini terjadi sebab lantaran crash pada software, untuk mengatasinya, Kalian dapat tekan ctrl+ alt+del setelah itu pilih program yang alami crash tadi umumnya terdapat penjelasan "Not Responding". Kemudian kalian klik End task pada program tersebut ataupun dapat pula dengan merstart Pc.

Tidak hanya itu permasalahan pula dapat diakibatkan adanya penambahan yang menyebabkan terbentuknya konflik. Umumnya konflik antar-hardware kerap ditemui apabila Kalian mengenakan sistem operasi windows.

Kalian pula dapat melaksanakan install ulang sistem operasi windows kalian. Akan tetapi yang butuh kalian ingat sebelum kalian me-reinstall sistem operasi windows, jangan lupa buat melepaskan hardware baru. Sehabis instal, kalian dapat memasang kembali hardware tadi serta melangsungkan scant hardware dengan sarana “add new“ hardware yang umumnya ada pada menu control panel.

2. Komputer Tidak Mau Mengenali Perangkat Keyboard

Buat menanggulangi perkara ini kalian dapat mengecek apakah keyboard sudah dipasang telah terpasang dengan benar?,

Apabila kalian telah memasang dengan benar namun masih juga komputer tidak mendeteksi perangkat keyboard kalian, mungkin permasalahannya pada keyboard kalian. Kalian dapat berupaya buat mengganti keyboard dengan yang lain.

Dan jika masih belum bisa, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada port pc kalian. Kalian dapat mengganti memakai port USB apabila port PS2 kalian tidak bisa bekerja serta kebalikannya. Namun jika permasalahan masih belum terselesaikan pula, kalian dapat mengganti ataupun mengistall ulang Sistem Operasi komputer.

3. Komputer Tak Mau Menyala

Peristiwa ini umumnya diakibatkan oleh banyak aspek, serta kemungkinan kerusakan tersebut dapat kalian diaknosis dengan metode mengeceknya:

  • Koneksi kabel yang tersambung dari power outletnya ke tombol power pada PC.
  • Fungsi dari Stabilizer apakah komponent ini berperan dengan baik ataupun tidak (dalam hal ini bila menggunakan stabilizer).
  • Kabel power yang ada pada CPU.

Apabila kasus diatas belum pula terselesaikan, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada komponent Powes Supply ataupun dapat pula Mainboard.

4. Komputer Tidak Mau Melaksanakan Proses Booting Walaupun Perangkat Komputer Hidup

Umumnya kasus ini dapat di analisis dengan metode mengenali bunyi beeb yang dikeluarkan oleh komputer, berikut ciri ataupun kode beeb serta penaksiran kerusakannya,

  1. Kode Beep 1 kali, itu kode bahwasanya keadaan dari fitur komputer baik.
  2. Kode Beep 1 kali panjang, umumnya ada permasalahan pada komponent memory.
  3. Kode Beep 1 kali panjang serta 3 kali pendek, umumnya terjadi kerusakan pada komponent VGA card.
  4. Kode Beep 1 kali panjang serta 2 kali pendek, umumnya terjadi kerusakan pada DRAM parity.
  5. Beep terus menerus, ini ialah kode kerusakan pada modul memory ataupun dapat pula pada memory video.

Tidak hanya dengan kode diatas kalian dapat memakai aplikasi dianosa misalnya sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dan lain-lain.

5. Komputer Dapat Melaksanakan Proses Booting Akan Tetapi Sering Alami Proses Boot “Safe Mode

Kasus ini dapat kita atasi dengan merestart kembali pc kita. Apabila masih belum menuntaskan kasus install ulang Sistem Operasi, serta apabila masih belum dapat terselesaikan pula, umumnya terjadi kerusakan pada Hard Disk. Kalian dapat mengecek keadaan hardisk dengan memakai sofwate scan disk.

6. Lupa Password BIOS

Kasus ini pula kerap dirasakan oleh sebagian besar orang, buat menanggulangi kasus tersebut kalian dapat mencabut battray cmos pada CPU kalian. Tidak hanya itu, kalian pula dapat mencoba menebak sebagian password default buat produsen-produsen bios, contohnya: AMI dan AWARD (contoh: AMI_SW, AMI, A. M. I, ALLY, 589589 dll).

7. Terjadi Ketidakstabilan Pada Mouse Pointer

Perihal ini umumnya terjadi dikarenakan Mouse yang kalian gunakan kotor. Bilas mouse kalian, ataupun apabila kalian memakai mouse optik umumnya hal ini diakibatkan oleh alas mouse yang tidak rata. Bisa juga karena goyang, ataupun dapat pula alas yang kalian pakai permukaannya mengkilap.

8. Sering Terjadi Crash Pada Perangkat Komputer Kalian

Kasus ini umumnya diakibatkan oleh banyak faktor, kalian dapat mengecek seluruh posisi harware, kabel, dan tegangan pada casing. Setelah itu kalian dapat pula mengecek suhu pada CPU serta pula cek Ram, VGA dan juga Processor.

Kalian juga perlu tahu kalau: “Windows 11 Berhenti Berfungsi di CPU Model Lama”.

Jadi setelah mengetahui kerusakan pada CPU dan cara mengatasinya, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!