Cara Mengatasi IC Sinyal Rusak di Smartphone, Lakukan Cara Ini
Cara mengatasi IC sinyal rusak (Freepik)

Bagikan:

TOGYAKARTA - Para pengguna ponsel Android terkadang mengeluhkan sinyal hilang. Pengguna  bingung kenapa tidak ada sinyal padahal sudah dipasang SIM card dan berada di lokasi yang aman. Salah satu penyebab utama hp hilang sinyal adalah karena Integrated Circuit (IC) yang rusak.

IC sinyal merupakan komponen kecil di dalam ponsel, tapi memiliki fungsi yang sangat penting. IC sinyal bekerja untuk mengatur koneksi jaringan antara smartphone dengan operator seluler. Komponen ini bertugas sebagai penguat, timer, osilator, counter, memori komputer, mikroprosesor, dan lainnya. 

Jika terdapat permasalahan pada IC maka sinyal di ponsel pun menjadi terganggu. Komponen ini bisa diibaratkan sebagai otak dan jantung di dalam ponsel, sehingga kerusakan sedikit akan menimbulkan gangguan yang besar. Lantas bagaimana cara mengatasi IC sinyal rusak yang mungkin terjadi pada Anda?

Penyebab IC Sinyal Rusak

IC sinyal rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini kemungkinan sejumlah penyebab IC rusak yang penting untuk diketahui supaya bisa menghindarinya:

Sudah Cacat dari Awal

Kerusakan pada IC sinyal bisa saja disebabkan karena memang cacat dari awalnya. Sebelum dipasarkan secara publik, ponsel akan melalui tahapan kualitas kontrol. Namun ada juga produk yang dijual dengan bagian tertentu yang tidak normal atau sudah bermasalah. 

Situasi seperti inilah yang terkadang membuat ponsel tidak bisa menangkap sinyal atau sinyal nggak muncul. Problem ini bisa diatasi dengan cara mengklaim garansi yang berlaku untuk pembelian ponsel Anda. 

Muatan Listrik Tinggi

Faktor lainnya yang mungkin bisa menyebabkan IC sinyal rusak adalah karena lonjakan listrik tinggi. Muatan listrik yang terlalu besar bisa mengakibatkan kerusakan pada IC di ponsel. Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda melakukan pengisian daya baterai secara berlebihan.

Ponsel yang Lembap

Ponsel yang lembap juga bisa menjadi penyebab rusaknya IC sinyal di ponsel. Dalam beberapa kondisi, ponsel bisa saja lembap dan terdapat air di dalamnya. Kelembapan di komponen ponsel bisa merusak bagian-bagian vital, seperti IC.

Cara Mengatasi IC Sinyal Rusak

Jika IC sinyal ponsel rusak, jangan buru-buru ingin melepas atau menjualnya. Sebaiknya jangan langsung panik dan lebih baik memikirkan cara untuk mencoba menanganinya terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang  bisa Anda lakukan untuk mengatasi IC sinyal rusak.

Berikut ini sejumlah cara mengatasi kerusakan IC sinyal yang menyebabkan sinyal tidak muncul di ponsel:

Memeriksa Software di Ponsel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa perangkat lunak (software) yang terdapat di dalam ponsel. Adanya masalah pada software dapat membuat ponsel rusak, salah satunya mirip dengan tanda-tanda  IC rusak yaitu ponsel panas. Jika mengalami hal ini, maka segera cari aplikasi yang bermasalah dan uninstal langsung. 

Mengganti IC

Cara selanjutnya untuk mengatasi IC sinyal rusak adalah dengan mengganti IC baru. Ini adalah langkah terakhir jika IC sinyal sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki, termasuk sudah dibawa ke service center. 

Memperbaiki IC

Namun sebelum berpikiran untuk mengganti komponen IC, sebaiknya lakukan reparasi terlebih dahulu. Anda bisa memperbaiki IC sinyal secara mandiri, apabila memiliki keterampilan teknis dalam menangani masalah ini. Namun apabila tidak sanggup mengatasinya, sebaiknya bawa ponsel ke service center atau teknisi ahli. 

Cara Mencegah IC Sinyal agar Tidak Rusak

Setelah tahu penyebab dan cara mengatasi IC sinyal rusak, Anda juga wajib tahu cara mencegah kerusakan pada komponen tersebut. Seperti ungkapan pepatah, lebih baik mencegah daripada terlanjur rusak dan mengobatinya. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kerusakan IC sinyal di ponsel:

Hindari Menjatuhkan Ponsel

Jangan sampai Anda secara sengaja maupun tidak sengaja menjatuhkan ponsel. Ponsel yang jatuh atau terbentur bisa mengalami kerusakan pada komponen di dalamnya, termasuk IC sinyal. 

Menjaga agar Ponsel Tidak Lembap

Suhu dan kebersihan ponsel harus dijaga agar tidak terlalu lembap atau terlampau panas. Ponsel yang lembap berisiko mengalami korosi pada komponen di dalamnya, termasuk IC sinyal. 

Membersihkan Ponsel secara Berkala

Pemilik ponsel wajib membersihkan hpnya secara rutin. Langkah ini berguna untuk mencegah kotoran dan debu yang mungkin masuk ke dalam ponsel. Paparan dari kotoran tersebut bisa mengganggu kinerja komponen, termasuk IC sinyal. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi IC sinyal rusak yang menyebabkan tidak munculnya sinyal di ponsel. Lakukan beberapa tips di atas jika Anda mengalami masalah pada komponen IC sinyal. Jangan lupa untuk menjaga kondisi dan kinerja ponsel agar terhindar dari risiko kerusakan yang mungkin terjadi. Baca juga tips menghemat penggunaan baterai di smartphone

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.