Upaya Kolaboratif DANA dan Microsoft Tingkatkan Inklusi Keuangan Berbasis AI

JAKARTA - DANA, perusahaan teknologi finansial terkemuka di Indonesia, telah berkolaborasi dengan Microsoft untuk mengintegrasikan GitHub Copilot ke dalam operasional bisnis sehari-hari, guna meningkatkan produktivitas para developer. 

Sejak Februari 2024, kolaborasi ini memungkinkan pada developer DANA untuk menulis kode pemrograman lebih cepat, serta fokus pada pemecahan masalah dan kolaborasi.

Langkah strategis ini juga menggambarkan keselarasan misi DANA untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan, dengan misi Microsoft untuk memberdayakan setiap orang dan organisasi untuk terus mencapai lebih.

Komitmen DANA kemudian dipertegas oleh komitmennya terhadap revolusi pembayaran digital melalui inovasi dan produktivitas, baru-baru ini meluncurkan inisiatif “AI Everywhere” di perusahaan. 

Menurut Chief Technology Officer DANA, Norman Sasono, AI generatif memungkinkan adopsi secara luas, karena siapa pun dapat mengoptimalkan teknologi ini untuk mengubah data yang ada dan menciptakan solusi-solusi baru. 

“Inilah mengapa DANA sangat antusias untuk mempercepat proses adopsi AI, termasuk melalui implementasi GitHub Copilot,” ujar Norman lebih lanjut. 

GitHub Copilot adalah tool AI developer yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 1,3 juta pelanggan dan lebih dari 50.000 pengguna organisasi menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas para developer.

Menurut Norman, GitHub Copilot telah menghasilkan manfaat nyata dan memberdayakan para developers di DANA. Buktinya, dalam dua bulan terakhir, para developer DANA telah melaporkan pengurangan waktu coding. 

Ke depannya, DANA akan memaksimalkan potensi AI untuk mendorong inovasi dengan beralih ke GitHub Copilot Enterprise, yang mencakup keseluruhan penawaran GitHub Copilot dan mempersonalisasikannya dengan konteks dari codebase organisasi. 

Selain GitHub Copilot, DANA juga telah menerapkan beberapa solusi AI dari Microsoft seperti Microsoft 365 Copilot dan Microsoft Azure OpenAI Service, sebagai bagian dari inisiatif perusahaan bertajuk “AI Everywhere,” yang telah meningkatkan operasional, produktivitas tenaga kerja, dan layanan pelanggan perusahaan.