Memahami Perbedaan Sejarah dan Mitos: Pengertian, Lingkup Pembahasan, dan Manfaat

YOGYAKARTA - Pembahasan mengenai mitologi (mitos) dan sejarah seringkali muncul beriringan. Tidak sedikit orang yang menganggap kedua hal tersebut memiliki persamaan karena sama-sama berlandaskan masa lalu. Padahal terdapat perbedaan antara sejarah dan mitos yang perlu dipahami. 

Sejarah dan mitos kerap kali disamakan lantaran sumbernya berasal dari masa lampau atau masa terdahulu. Keduanya juga sama-sama memberikan makna atau sebagai pelajaran bagi generasi masa kini. Namun meski membawa persamaan, mitos dan sejarah memiliki perbedaan yang jelas. 

Memahami perbedaan sejarah dan mitos sangat penting untuk memaknai setiap peristiwa atau cerita yang bersumber dari waktu lampau. Keduanya memiliki perbedaan besar dari segi definisi, cara mengkaji, hingga pengaruhnya kepada masyarakat kini 

Apa Perbedaan Sejarah dan Mitos?

Sengat penting bagi setiap orang untuk mempelajari sejarah dan mitologi atau mitos. Pembahasan mengenai sejarah dan mitos sudah diajarkan kepada anak-anak. Tak hanya di bangku sekolah, pelajaran kedua hal tersebut juga ditemukan di masyarakat secara umum.

Namun lantaran sama-sama bersumber dari masa lalu, ada sebagian orang yang kerap keliru memaknai sejarah dan mitos. Biar tidak sesat pikir atau salah penafsiran, berikut ini perbedaan mitos dan sejarah yang perlu Anda pahami:

Pengertian

Definisi sejarah dan mitos mungkin bisa berbagai pemaknaan. Mengutip dari differencedigest, mitologi atau mitos merupakan kumpulan cerita ataupun legenda yang mengisahkan kepercayaan, adat istiadat, dan ritual sebuah budaya. Sementara sejarah adalah studi tentang peristiwa di masa lampau yang melibatkan analisis dan interpretasi dari catatan tertulis, artefak, maupun tradisi lisan.

Lingkup Pembahasan

Perbedaan sejarah dan mitos juga bisa dimengerti dari lingkup pembahasannya. Mitos seringkali membicarakan tentang makhluk-makhluk seperti dewa-dewi, kekuatan gaib, tindakan heroik, dan kekuatan magis yang dipercaya masyarakat. 

Berbeda dengan sejarah yang membahas berbagai aspek, khususnya dalam kehidupan manusia. Cerita atau peristiwa sejarah memuat unsur ilmu pengetahuan, budaya, agama, intelektual, ekonomi, dan lainnya. 

Bukti

Perbedaan paling mencolok dari sejarah dan mitos adalah dari segi pembuktiannya. Mitos adalah cerita atau kisah yang tidak bisa dibuktikan karena tidak memiliki dokumentasi faktual. Mitos hanya dituturkan dari cerita atau legenda secara turun-menurun di kelompok masyarakat masing-masing.  

Sementara sejarah memiliki bukti yang faktual dalam setiap peristiwa atau kejadiannya. Bukti dalam sejarah bisa diperoleh dari berbagai sumber terpercaya, seperti saksi mata atau dokumen resmi yang dilengkapi tanggand an bukti.  

Pengkajian sejarah oleh para ahli juga dilakukan mempertimbangkan aktivitas individu dan kelompok dalam berinteraksi sepanjang waktu. Selain itu, penilitian sejarah juga melibatkan sistem politik, ekonomi, serta budaya yang berkembang. 

Manfaat

Manfaat sejarah dan mitos tidaklah murni sama. Mitos disampaikan untuk tujuan memberikan pesan-pesan moral tentang kebaikan, cinta, kejahatan yang harus dihindari, pengorbanan, dan lainnya yang berkaitan dengan sifat manusia. 

Kisah-kisah mitologi banyak diceritakan kepada anak-anak sebagai media untuk mendidik mereka. Tokoh-tokoh yang terdapat dalam mitologi dikisahkan memiliki karakter tertentu yang mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Selain itu, mitos juga berguna untuk menjelaskan peristiwa alam atau memahami tradisi budaya. 

Dalam mempelajari sejarah, fokus utamanya melihat perilaku manusia serta struktur masyarakat. Sejarah memberi manfaat bagi manusia dalam memahami isu atau fenomena kontemporer yang terjadi saat ini. Dari sejarah juga bisa ditelusuri bagaimana pengaruh masa lalu untuk kehidupan sekarang.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan sejarah dan mitos yang penting untuk dipahami. Walaupun keduanya berangkat dari kisah masa lalu, namun subjek yang dibahas dan tujuan penyampaiannya berbeda. Baca juga mengenal sejarah Halloween setiap tanggal 31 Oktober. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.