Apple Akan Hilangkan Tombol Fisik di iPhone 16

JAKARTA – Apple dikabarkan akan membawa perubahan besar saat meluncurkan iPhone 16. Tak hanya menghadirkan fitur baru bertenaga Kecerdasan Buatan (AI), ponsel ini akan menghilangkan tombol fisik.

Mengutip dari Economic Daily News, Apple mengajukan pesanan ke perusahaan Advanced Semiconductor Engineering. Komponen yang dipesan merupakan modul sistem dalam satu paket untuk mengganti tombol fisik menjadi tombol kapasitif.

Berbeda dari tombol fisik biasa, tombol kapasitif merupakan tombol yang tidak timbul dan memiliki sensitivitas sentuhan yang berbeda. Biasanya, tombol ini dibekali sidik jari untuk meningkatkan keamanan ponsel.

Rumor penggunaan tombol kapasitif sudah muncul sebelum iPhone 15 diluncurkan. Namun, rencana perubahan tombol ini dibatalkan karena tantangan manufaktur. Oleh karena itu, iPhone 15 yang sudah beredar masih menggunakan tombol klasik.

Saat kabar pembatalan tombol kapasitif beredar, beberapa pihak menduga bahwa Apple akan menambahkan tombol ini ke perangkat yang diluncurkan di tahun 2024 atau iPhone 16. Kemungkinan besar, tombol klasik memang akan disingkirkan.

Selain memesan modul sistem untuk tombol kapasitif, Apple juga akan menambahkan motor Taptic Engine di kedua sisi iPhone 16. Taptic Engine dibutuhkan agar pengguna mendapatkan umpan balik berupa getaran saat menekan tombolnya.

Belum diketahui fungsi dari tombol kapasitif dan Taptic Engine yang akan ditambahkan ke iPhone 16. Namun, selama bertahun-tahun, Apple mencoba menjadikan tombol kapasitif sebagai pengganti dari tombol klasik untuk volume dan pengisian daya.