Menteri Perdagangan AS Sebut Chip Huawei  Tidak Sehebat Chip Amerika

JAKARTA - Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, pada  Minggu 21 April, mengatakan bahwa chip yang menggerakkan ponsel Mate 60 Pro dari Huawei, perusahaan China yang dikenai sanksi, tidak sehebat chip Amerika. Hal ini menunjukkan bahwa pembatasan pengiriman AS ke raksasa peralatan telekomunikasi tersebut berjalan efektif.

Huawei, yang telah masuk dalam daftar pembatasan perdagangan sejak 2019, mengejutkan industri dan pemerintah AS ketika merilis ponsel baru yang ditenagai oleh chip canggih pada Agustus lalu. Huawei Mate 60 Pro dianggap sebagai simbol kebangkitan teknologi China meskipun ada upaya berkelanjutan Washington untuk melumpuhkan kapasitasnya dalam memproduksi semikonduktor canggih.

Raimondo, yang sedang berkunjung ke China saat ponsel itu dirilis, dianggap oleh banyak orang sebagai penghinaan. Namun, dalam sebuah wawancara dengan CBS News’ “60 Minutes,” Raimondo membantah pandangan tersebut.

 “Ini menunjukkan kepada saya bahwa kontrol ekspor bekerja karena chip itu tidak sebaik yang kita miliki di Amerika Serikat,  Chip itu tertinggal beberapa tahun dibandingkan dengan apa yang kita miliki di Amerika Serikat. Kita memiliki semikonduktor paling canggih di dunia. China tidak,” kata Raimondo.

Washington telah terlibat dalam upaya bertahun-tahun untuk membatasi Beijing dari upaya membuat chip semikonduktor canggih dan alat yang dibutuhkan untuk membuatnya karena kekhawatiran mereka akan digunakan untuk memperkuat kemampuan militer China.

Huawei, simbol perang teknologi tersebut, ditambahkan ke daftar entitas pada 2019 di tengah-tengah kekhawatiran bahwa perusahaan tersebut dapat memata-matai warga Amerika, memaksa pemasok AS untuk mencari lisensi yang sulit didapatkan untuk mengirimkannya.

Namun, pemasoknya, termasuk Intel, telah menerima lisensi senilai miliaran dolar untuk terus menjual ke perusahaan tersebut. Pengungkapan Huawei tentang laptop pertama mereka yang dilengkapi AI dan ditenagai oleh chip Intel bulan ini telah memicu kemarahan di antara garis keras China di Partai Republik.

Ketika ditanya apakah dia cukup keras terhadap bisnis besar, Raimondo tegas. “Saya menuntut pertanggungjawaban bisnis sebanyak siapa pun,” katanya kepada Lesley Stahl di “60 Minutes.” “Ketika saya memberi tahu mereka bahwa mereka tidak bisa menjual semikonduktor mereka ke China, mereka tidak menyukainya, tetapi saya melakukannya,” tambahnya.

Ponsel Huawei juga memicu tinjauan oleh administrasi Joe Biden untuk mempelajari detail di balik chip yang menggerakkannya, semikonduktor paling canggih yang pernah diproduksi oleh China. Namun, detail tinjauan tersebut masih sedikit.