Apple Berhenti Memproduksi Casing dan Tali Jam Tangan Berbahan FineWoven

 

JAKARTA – Apple dikabarkan akan menghentikan pembuatan casing dan tali smart watch berbahan FineWoven. Padahal, aksesoris yang diklaim ramah lingkungan itu baru diluncurkan pada musim gugur tahun lalu.

Kabar ini dibagikan oleh akun Kosutami di platform X, dikutip dari 9to5mac. Pembocor fitur dan perangkat Apple itu mengatakan bahwa FineWoven tidak akan diproduksi lagi karena masalah ketahanannya. Apple juga akan beralih ke bahan lain.

"FineWoven telah hilang. Karena daya tahannya buruk. Semua jalur produksi dihentikan dan dihapus. Apple akan beralih ke bahan lain—sekali lagi, bukan kulit (seperti FineWoven). Jadi sampai jumpa di neraka kulit," tulis Kusotami pada Minggu, 21 April lalu.

Kabar ini tidak mengherankan karena FineWoven memang mendapatkan banyak keluhan dari penggunanya. Sejak pertama kali dirilis, banyak yang mengatakan bahwa aksesoris berbahan FineWoven mudah lecet, kotor, dan terkena masalah lainnya.

Namun, FineWoven memang terasa seperti bahan yang sangat premium dibandingkan dengan produk berbahan kulit, hanya saja harganya tetap sama. Sayangnya, bahan ini masih belum bisa menyaingi ketahanan aksesoris dengan bahan kulit.

Apple harus lebih memperhatikan kekuatan dari aksesoris yang akan mereka produksi. Seharusnya, casing dan tali smart watch tidak hanya ramah lingkungan dan nyaman, tetapi juga dapat dihindari dari berbagai macam permasalahan sederhana.

Apple belum mengonfirmasi kabar ini meskipun sudah ramai dibicarakan. Untuk mengetahui apakah Apple berencana meluncurkan pengganti FineWoven, kita harus menunggu hingga perusahaan tersebut meluncurkan jajaran iPhone 16 di akhir tahun ini.