Helikopter Mars Ingenuity Berkomunikasi untuk Terakhir Kalinya

 

JAKARTA – Helikopter Ingenuity yang berada di Mars telah melakukan misi terakhir pada 25 Januari lalu. Namun, pesawat rotor itu masih berkomunikasi dengan stasiun pangkalannya, yaitu penjelajah Perseverance.

Sayangnya, komunikasi antara dua perangkat di Planet Merah ini telah berakhir. NASA mengatakan tim Ingenuity berkumpul di ruang kendali Jet Propulsion Laboratory (JPL) pada Selasa, 16 April untuk melihat transmisi data terakhir dari Ingenuity.

Pemimpin Tim Ingenuity Josh Anderson mengatakan bahwa helikopter Mars itu akan kesulitan dalam menghadapi malam hari. Meski kabar ini cukup menyedihkan, Anderson bangga bahwa Ingenuity mampu beroperasi selama hampir tiga tahun.

"Ingenuity tidak akan memasuki malam Mars yang indah itu dengan mudah," kata Anderson. "Hampir tidak dapat dipercaya bahwa setelah lebih dari 1.000 hari di permukaan Mars, 72 penerbangan, dan satu kali pendaratan darurat, ia masih memiliki sesuatu untuk diberikan."

Awalnya, Ingenuity memang dirancang untuk misi eksperimental selama 30 hari. Namun, secara mengejutkan, pesawat rotor itu mampu beroperasi lebih dari waktu yang ditentukan dan jarak penerbangannya 14 kali lebih jauh dari yang diperkirakan

Sayangnya, Ingenuity mengalami pendaratan keras di penerbangan ke-72 dan membuat bilah rotornya rusak. Pendaratan tidak terduga itu membuat Ingenuity tidak bisa bergerak dan tetap berada di area Valinor Hills hingga saat ini.

Ingenuity mampu bertahan hingga saat ini karena pembaruan perangkat lunak yang dikirimkan oleh tim pengembangnya. Perangkat lunak itu membuat Ingenuity terus mengumpulkan data setiap harinya meski sudah tidak bisa bergerak.

"Insinyur Ingenuity dan ilmuwan Mars percaya bahwa pengumpulan data jangka panjang seperti itu tidak hanya bermanfaat bagi perancang pesawat terbang dan kendaraan lain di masa depan untuk Planet Merah, tetapi juga memberikan perspektif jangka panjang mengenai pola cuaca Mars dan pergerakan debu," ungkap NASA.

Ingenuity akan terus mengumpulkan data di Mars, bahkan hingga 20 tahun mendatang. Namun, data ini sudah tidak bisa ditransmisikan ke Perseverance karena komunikasi telah terputus. Satu-satunya cara untuk mengambil data adalah dengan mengunjungi Ingenuity di Valinor Hills.